Jawa Barat

Kadishub Jabar: Tips Berkendaraan Aman di Musim Hujan

93
×

Kadishub Jabar: Tips Berkendaraan Aman di Musim Hujan

Sebarkan artikel ini
Kadishub Jabar: Tips Berkendaraan Aman di Musim Hujan
Ilustrasi

BANDUNG, (CAMEON) – Musim mudik kali ini, dibarengi juga dengan musim hujan. Bahkan, diprediksi pada hari H lebaran akan turun hujan. Untuk itu, Dinas Perhubungan Jawa Barat mengimbau agar berhati-hati berkendaraan saat musim hujan.

Menurut Kadishub Jawa Barat, Dedi Taufik, ada empat hal yang perlu diperhatikan dalam mengendarai kendaraan ketika musim hujan. “Satu tetap waspada dan perhatikan kendaraan,” katanya kepada wartawan saat memantau lalu lintas, Minggu (3/7).

Ia menjelaskan, pengendara harus menyalakan wiper dan lampu depan saat cuaca sudah mulai gelap yang dibarengi dengan hujan deras. Nyalakan juga lampu kabut jika kendaraan anda sudah dilengkapi dengan lampu jenis ini.

Lalu, waspadai di jalanan ketika banjir. Jangan melintasi jalan yang sudah tergenang banjir lebih tinggi dari setengah ban mobil. Periksa juga sampai kedalaman berapa kendaraan bisa terendam air. “Mengurangi kecepatan mencegah slip,” ucapnya.

Menurutnya, kurangi kecepatan saat melintasi genangan air untuk mengecilkan risiko terjadinya slip. Serta menambah jarak aman dengan kendaraan di depan.

Terakhir, pastikan ban cukup. Sebab jika tekanannya yang terlalu keras akan mengurangi daya cengkraman terhadap permukaan jalan.

“Sebaliknya, kurangnya tekanan ban mobil akan menyebabkan monol lebih mudah slip di jalanan basah,” pungkasnya. cakrawalamedia.co.id (Nta )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *