NewsPolitik

Tanggapan Komisi IV DPRD Kota Tasik Soal Penyediaan Fasilitas Kesehatan dan Keluhan Pasien

546
×

Tanggapan Komisi IV DPRD Kota Tasik Soal Penyediaan Fasilitas Kesehatan dan Keluhan Pasien

Sebarkan artikel ini

KOTA TASIK (CM) – Banyaknya keluhan dan laporan mengenai berbagai permasalahan dari keluarga pasien yang ditolak untuk dirawat oleh pihak Rumah Sakit (RS) di Kota Tasikmalaya dengan alasan kamar penuh telah menarik perhatian Anggota Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya, Murjani, dan pihak terkait lainnya yang memiliki tugas dan fungsi di bidang kesehatan.

Mereka melakukan kunjungan ke berbagai RS di Kota Tasikmalaya untuk merespons dan memastikan penyelesaian atas keluhan dan laporan dari keluarga pasien. Hal ini disampaikan oleh H. Murjani saat diwawancara di Ruang Kerja Komisi IV DPRD.

“Kami melakukan kunjungan ke berbagai RS di Kota Tasikmalaya karena adanya banyak keluhan dari masyarakat terkait ketidaktersediaan kamar rawat inap di kelas III atau kesulitan untuk naik kelas,” ujar Murjani pada Minggu, 31 Maret 2024.

Terkait dengan keluhan ini, Murjani menjelaskan bahwa masalah tersebut tidak hanya terjadi di satu RS saja, melainkan 80 persen dari keseluruhan RS baik swasta maupun pemerintah di Kota Tasikmalaya.

“Setelah kami melakukan inspeksi mendadak di seluruh RS, ternyata kondisinya bukan karena pihak RS bersikap tidak bertanggung jawab dengan mengatakan tidak ada kamar kelas III atau tidak mungkin naik kelas ke kelas II dan kelas I. Tetapi memang kamar rawat inap di RS sudah penuh,” tambahnya.

Setelah dilakukan komunikasi dan analisis mengenai penyebab penuhnya kamar rawat inap kelas III, kelas II, dan kelas I di berbagai RS, terlihat bahwa tingkat industri kesehatan di daerah tersebut mengalami peningkatan, sehingga perlu adanya penambahan tempat.

“Jadi saat ini, kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan sangat tinggi. Berbeda dengan sebelumnya, di mana ketika sakit mereka cukup berobat di warung atau Puskesmas. Sekarang, masyarakat lebih memilih langsung pergi ke RS,” jelas Murjani.

Alasan mengapa banyak masyarakat langsung pergi ke RS ketika sakit adalah karena adanya jaminan kesehatan yang disediakan oleh pemerintah seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), dan program lainnya yang sudah merata. Ini berarti hampir semua warga telah dijamin oleh pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *