NewsPolitik

Banyak Keluhan Akses Rawat Inap di RS, Murjani Minta Masyarakat Maksimalkan Layanan Puskesmas

534
×

Banyak Keluhan Akses Rawat Inap di RS, Murjani Minta Masyarakat Maksimalkan Layanan Puskesmas

Sebarkan artikel ini

KOTA TASIK (CM) – Perhatian terhadap keluhan masyarakat terkait penolakan pasien untuk dirawat inap atau naik kelas dari kelas III ke kelas II dan I di seluruh RS di Kota Tasikmalaya telah mendorong Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tasikmalaya, Murjani, untuk melakukan kunjungan kerja (sidak) ke seluruh RS.

“Kami dari Komisi IV DPRD telah melakukan sidak ke seluruh RS. Hasilnya menunjukkan bahwa seluruh kamar kelas III, II, dan I di RS penuh. Ini bukan masalah kenakalan dari pihak RS,” ujar Murjani pada Minggu, 28 Maret 2024.

Penuhnya kamar kelas tersebut disebabkan oleh peningkatan derajat kesehatan masyarakat, ditambah dengan penerapan kartu jaminan kesehatan gratis dari pemerintah yang telah merata.

“Selain meminta penambahan bangunan dari pihak RS, kami juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan layanan kesehatan di Puskesmas di wilayah masing-masing secara maksimal,” tambahnya.

Puskesmas di setiap wilayah masih mampu menangani pasien hingga sembuh, terutama untuk kasus yang tidak terlalu serius. Hanya jika Puskesmas tidak mampu menangani, baru pasien dirujuk ke RS untuk penanganan lebih lanjut.

“Lebih baik jika pasien yang mengalami sakit ringan, seperti demam biasa atau penyakit ringan lainnya, memanfaatkan Puskesmas di wilayahnya. Puskesmas telah dilengkapi dengan standar yang memadai. Dengan demikian, layanan di Puskesmas dapat berjalan dengan baik,” harap Murjani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *