Kota Cimahi

Website Pemkot Cimahi Aman dari Serangan Hackers

65
×

Website Pemkot Cimahi Aman dari Serangan Hackers

Sebarkan artikel ini
Website Pemkot Cimahi Aman dari Serangan Hackers

CIMAHI, (CAMEON) – Kantor Arsip Perpustakaan dan Pengelolaan Data Elektronik (KAPDE) Kota Cimahi memastikan situs www.cimahikota.go.id lebih aman dari serangan para peretas atau hackers.

Hal tersebut diyakini Kepala Seksi Pengelolaan Data Elektronik KPDE Kota Cimahi, Irwan Nugraha saat ditemui di lingkungan Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Demang Hardjakusumah, Senin (5/9/2016).

“Allhamdulilah udah dua tahun lebih tidak mengalami gangguan. Relatif lebih aman,” katanya.

Dikatakannya, web Pemkot Cimahi sekarang ini sudah menggunakan sistem keamanan yang lebih baik dari sebelumnya.

Pasalnya, setiap hari pihaknya selalu memantau dari segi backend yang lebih berfokus pada program. Selain itu, pihaknya juga memperkuat dari segi servernya.

“Server web kita perkuat juga menggunakan hardware Unified Threat Management,” terangnya.

Soal keamanan server, kata Irwan, memang tidak semuanya dipastikan aman. Tapi, pihaknya selalu memeriksa dan langsung mengembalikannya seperti semula.

“Soal keamanan jaringan ga semuanya pure aman. Kalau ada gangguan kita langsung responsif, setting ke awal lagi,” bebernya.

Selain itu, ia memastikan aplikasi yang dimiliki KAPDE Pemkot Cimahi lebih aman karena sudah menggunakan Secure Socket Layer (SSL).

Sebelumnya, terang Irwan, website Pemkot Cimahi pernah diserang hacker dengan mengubah tampilan depan web. Tercatat, dari 2009 hingga 2014, hacker selalu menyerang web.

“Sekitar 10 kali (hacker). Terakhir dihack sekitar tahun 2014,” ucapnya.

Saat ini, lanjut Irwan, pihaknya sedang melakukan pembenahan pada website Kota Cimahi. KAPDE akan mengubah tampilan website agar konten yang dimuat lebih menarik.

“Web sedang dikembangkan, biar lebih menarik. Mudah-mudahan tahun ini beres,” ujarnya.

Perihal kunjungan website, berdasarkan statistik yang terlihat, setiap bulannya ada lebih dari seribu orang yang mengakses web.

“Per bulan pengunjung ada 1.033,” katanya. cakrawalamedia.co.id (Rizki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *