Kota Cimahi

Satpol PP Siap Gandeng DKP Kota Cimahi untuk Tertibkan Bangli

43
×

Satpol PP Siap Gandeng DKP Kota Cimahi untuk Tertibkan Bangli

Sebarkan artikel ini
Satpol PP Siap Gandeng DKP Kota Cimahi untuk Tertibkan Bangli

CIMAHI, (CAMEON) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Kota Cimahi mengungkapkan masih banyak Bangunan Liar (Bangli) yang terdapat di Kota Cimahi.

Kepala Satpol PP Kota Cimahi, Dadan Darmawan mengatakan, kebanyakan bangli terdapat di daerah industri yang memang potensial untuk mendirikan bangunan untuk berjualan.

“Puluhan mah ada, di daerah industri (kebanyakan). Terutama berjualan, banyak konsumen, banyak karyawan,” katanya, Kamis (18/8/2016).

Dikatakan Dadan, pihaknya memastikan akan menertibkan bangunan liar tersebut. Pasalnya, bangunan tersebut tidak sesuai dengan tata ruang kota dan menyalahi aturan yang ada. “Akan ditertibkan,” tegasnya.

Namun, penertiban kali ini, terang Dadan, pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cimahi.

Kerjasama ini untuk menindaklanjuti hasil penertiban yang dilakukan oleh Satpol PP. Jadi, pasca penertiban, langkah selanjutnya akan diserahkan ke DKP.

“Saya sudah koordinasikan dengan DKP supaya ada tindak lanjut. Begitu kita bereskan baru mereka mau dipasang kotak, taman, seperit apa yang penting ada pemanfaatan lahan,” katanya.

Jangan sampai, lanjut Dadan, ketika Satpol PP menertibkan bangunan liar, sementara tindak lanjutnya tidak ada. Menurutnya, itu menjadi kesempatan masyarakat untuk membangun kembali.

Ia mencontohkan, sekitar kawasan industri di Melong, Kec. Cimahi Selatan, dulu sempat dilakukan penertiban. Namun, karena tindak lanjutnya tidak ada, munculah beberapa para pedagang di sana.

“Melihat lahan kosong namanya masyarakat, yang kasong itu dipake lagi,” terangnya.

Dikatakan Dadan, maraknya masyarakat yang membuat bangunan liar atau mendirikan kembali itu bukan karena minimnya sosialisasi.

Bahkan, klaim Dadan, pihaknya kerap melakukan imbauan kepada masyarakat terkait bangunan liar ini.

“Imbauan kita lalukan, saya lebih cenderung ke situ (pola pikir). Mereka juga menyadari bahwa itu salah,” katanya.

Perihal penertiban kemarin beberapa hari kemarin, kata dia, pihaknya hanya melakukan pendekatan terlebih dahulu. Meski begitu memang ada beberapa bangunan liar yang ditertibkan oleh pihaknya.

“Yang kemarin dibereskan duluan deket akses tol Baros. Di situ ada beberapa bangunan yang tidak tertata ,” terangnya. cakrawalamedia.co.id (Rizki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *