Nasional

Mendikbud : Video Games Punya Faktor Positif dan Negatif

50
×

Mendikbud : Video Games Punya Faktor Positif dan Negatif

Sebarkan artikel ini
Mendikbud Video Games Punya Faktor Positif dan Negatif

JAKARTA, ( CAMON ) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan video games punya faktor positif dan negatif. Oleh karena itu, Anies mengimbau orangtua memiliki pemahaman mengenai video games yang tepat sesuai dengan usia anak.

“Nah kalau anak kecil memainkan yang tidak sesuai dengan umurnya maka itu bisa merusak. Jika sesuai dengan umurnya itu bisa mendidik,” kata Anies di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa 26 April 2016.

Anies mengatakan, di negara seperti Amerika Serikat,  games dalam video memiliki klasifikasi. Klasifikasi itu berbentuk rating mulai dari anak-anak hingga dewasa.

“Ada yang dipakai anak usia di bawah 5 tahun, jadi ada games di bawah 5 tahun. Kemudian ada games semua umur, ada games yang untuk anak 10 tahun, ada untuk anak belasan tahun. Tapi ada juga hanya untuk orang dewasa dengan tanda ada kekerasan,” ujar Anies Baswedan.

Selain pengetahuan, pendampingan ketika anak bermain video games adalah upaya yang penting dilakukan oleh orangtua. Bahkan orangtua kata Mendikbud bisa bermain bersama anak.

“Bila anak-anak memainkan games dewasa dengan kekerasan maka adrenalin anak-anak itu akan terangsang keluar dan mempunyai efek negatif,” kata Anies memberi contoh soal games yang dimainkan tidak sesuai dengan usianya.

Sumber: viva

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *