Jawa Barat

Hadapi Mudik Lebaran, Dishub Banjar Periksa Bus Angkutan Umum

99
×

Hadapi Mudik Lebaran, Dishub Banjar Periksa Bus Angkutan Umum

Sebarkan artikel ini
Hadapi Mudik Lebaran, Dishub Banjar Periksa Bus Angkutan Umum

BANJAR, (CAMEON) – Dalam menghadapi arus mudik lebaran dan kenyamanan penumpang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjar Jawa Barat menggelar pemeriksaan Bus Angkutan Umum Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di terminal Bus Kota Banjar.

Dari pantauan CAMEON, satu persatu Bus angkutan umum Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Banjar dihentikan oleh petugas Dinas Perhubungan setempat. Kemudian petugas pun langsung memeriksa kelaikan bus seperti Rem, Lampu, Pedal Gas dan kondisi Ban. Tidak hanya fisik Bus, kelengkapan surat juga tidak luput dari pemeriksaan petugas.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Banjar, Mulya mengatakan, pemeriksaan kelaikan bus dalam rangka menyambut arus mudik lebaran. “Kita hanya memastikan apakah kendaraan-kendaraan itu laik dipakai, apalagi dipakai untuk mengangkut para penumpang yang akan mudik,” ujarnya.

Dari sekian Bus yang masuk terminal Banjar, kata Mulya. Petugas menemukan enam Bus Angkutan Umum AKAP yang tidak laik jalan lantaran cacat fisik seperti Rem yang tidak memadai. “Selain itu, lampu kurang terang dan surat kendaraan bermotor yang tidak lengkap,” kata Mulya.

“Pemeriksaan Bus ini akan kita lakukan hingga sepekan ke depan. Bagi bus angkutan umum yang tidak laik jalan akan dilakukan tindakan tegas mulai dari pelarangan beroperasi hingga tindakan tilang,” tegasnya.

Mulya menambahkan, pihaknya akan memanggil para pemilik perusahaan Oto Bus yang tidak laik jalan itu. “Akan kita panggil para pemilik ke enam bus AKAP itu agar mereka mengerti akan besarnya risiko keselamatan para penumpang,”pungkasnya. cakrawalamedia.co.id (Andriansyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *