NewsTasikmalaya

Dukung Gerakan Pemulihan DAS, CDK VI Jawa Barat Tanam 1.000 Pohon

329
×

Dukung Gerakan Pemulihan DAS, CDK VI Jawa Barat Tanam 1.000 Pohon

Sebarkan artikel ini

KOTA TASIK (CM) – Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia dan mendukung Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS), Cabang Dinas Kehutanan (CDK) VI Jawa Barat melaksanakan penanaman 1.000 pohon secara serentak, termasuk di Kota Tasikmalaya, pada Senin (27/11/2023).

Kegiatan dilaksanakan di Kompleks Tempat Pemakaman Umum (TPU) Aisha Rasyida, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Penanaman pohon tidak hanya terjadi secara fisik di lokasi tersebut, tetapi juga melalui sesi daring menggunakan Zoom meeting yang dipusatkan di Pantai Pondok Bali Kabupaten Subang, Jawa Barat, yang dipimpin oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat.

Kepala CDK VI Jawa Barat, Ujang Kusyasi, menjelaskan bahwa kegiatan ini melibatkan 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat dengan tujuan meningkatkan kesadaran dalam memulihkan hutan dan lahan sebagai bagian dari Gerakan Nasional Pemulihan DAS.

Penanaman 1.000 pohon tidak hanya dilakukan di TPU Aisha Rasyida, tetapi juga di wilayah Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, khususnya di Bumi Perkemahan Salawu.

Menurut Ujang, pemilihan TPU Aisha Rasyida sebagai pusat penanaman di Kota Tasikmalaya didasarkan pada kondisi yang masih gersang, memerlukan penanaman untuk mencegah tanah longsor, terutama saat musim hujan. Selain itu, penanaman pohon bertujuan untuk menambah kerimbunan suasana di TPU tersebut.

Ujang menyatakan bahwa kegiatan serupa juga akan dilakukan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ciangir, Kota Tasikmalaya. “Khusus di Kota Tasikmalaya, ada rencana menanam 2.000 pohon, di mana 1.000 di TPU Aisha Rasyida dan 1.000 lagi di TPA Ciangir,” ujarnya.

Kegiatan ini tidak hanya seremonial, tetapi juga diharapkan melibatkan seluruh pemangku kepentingan di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, termasuk dinas vertikal.

Ujang menekankan pentingnya kesadaran masyarakat untuk menanam pohon guna memperindah lingkungan sekitar dan menghindari potensi bencana seperti longsor.

“Hari Jumat kita ada program Jumat menanam. Harapannya, semakin banyak pohon yang ditanam, semakin tinggi kesadaran masyarakat untuk menjaga dan memanfaatkan lahan dengan baik,” tambahnya.

Dengan adanya kegiatan ini, CDK VI Jawa Barat berharap kesadaran masyarakat untuk menanam pohon semakin tinggi, sehingga menciptakan lingkungan yang hijau, sehat, dan aman dari potensi bencana alam. Kegiatan penanaman pohon diharapkan dapat berkelanjutan untuk mewujudkan dampak positif dalam jangka panjang.

Penanaman pohon di TPU Aisha Rasyida dihadiri perwakilan Pemkot Tasikmalaya, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya, berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), TNI-Polri, Camat, Lurah, Komunitas Republik Aer, Mapala, Anggota Pramuka, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Kota Tasikmalaya, dan KPH Tasikmalaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *