Jawa Barat

Blanko Terbatas, 27.507 KTP Belum Tercetak

64
×

Blanko Terbatas, 27.507 KTP Belum Tercetak

Sebarkan artikel ini
Blanko Terbatas, 27.507 KTP Belum Tercetak
Loket pelayanan Adminduk KBB di Komplek Perkantoran KBB-Ngamprah, sepi selama Blanko KTP-el terbatas

BANDUNG BARAT, (CAMEON) – Sebanyak 27.507 Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip) Kabupaten Bandung Barat (KBB) hingga kini belum bisa tercetak. Pasalnya jumlah blanko yang ada di dinas tersebut, sangat terbatas.

Menurut Kepala Disdukcasip KBB Wahyu Diguna, data tersebut hasil rekapitulasi pihaknya per 1 Agustus 2016 sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri tentang Penyelesaian Target Kerja Administrasi Kependudukan (Adminduk). “Blankonya memang terbatas. Kalaupun kita layani, pencetakannya hanya untuk warga yang kepentingannya mendesak sekali,” ujarnya, saat ditemui di ruang kerjanya di Komplek Perkantoran KBB-Ngamprah, Rabu (10/8).

Sementara untuk pengadaan blanko merupakan kewenangan pusat sehingga pemerintah daerah hanya mengajukan permohonanan saja. Kondisi penyediaan blanko tersebut, dikabarkan masih dalam proses di pemerintah pusatnya.

Meski demikian kata Wahyu, untuk perekaman data KTP-el tersebut tetap berjalan. Karena Disdukcasip KBB mengejar target, 30 September 2016 perekamannya tuntas.

Pihaknya  berupaya keras agar target tersebut tercapai. Hingga kini menurutnya, dari 1.400.742 jiwa wajib KTP, tinggal 7.974 jiwa lagi yang belum melakukan perekaman. “Kita sudah berupaya keras melakukan perekamannya dengan sistem jemput bola. Alhamdulillah animo masyarakat cukup tinggi, jadi sisa yang belum melakukan perekaman 7.974 jiwa,” terangnya.

Terkait KTP yang belum tercetak, ia berharap bisa menargetkan 31 Desember telah rampung. Itu pun jika blankonya tersedia serta tidak ada kendala lainnya. Menurutnya, dalam kondisi normal, pihaknya setiap hari bisa mencetak sekitar 1.000 keping KTP-el.

“Kalau blankonya ada, jaringannya bagus, alatnya tidak rusak, jaringan listrik tidak padam atau petugasnya tidak berhalangan, kita bisa cetak 1.000-an keping per harinya. Do’akan saja lancar, jadi 31 Desember sudah tercetak yang 27.507 itu,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan, selama beberapa hari terakhir kondisi loket pelayanan Adminduk di Disdukcasip KBB, nampak lengang. Padahal biasanya di tempat tersebut penuh berjejal warga yang mengajukan permohonan Adminduk KBB, salah satunnya pengajuan KTP-el. cakrawalamedia.co.id (ginan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *