NewsTasikmalaya

Antrean Panjang Pemohon SKCK Pasca-Libur Natal di Mapolres Tasikmalaya

186
×

Antrean Panjang Pemohon SKCK Pasca-Libur Natal di Mapolres Tasikmalaya

Sebarkan artikel ini

KAB. TASIK (CM) – Antrean Panjang Pemohon Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) pasca libur Natal mengular di Mapolres Tasikmalaya pada Rabu, 27 Desember 2023.

Dengan penuh semangat, pemohon berbondong-bondong berlarian menuju pintu gerbang Polres saat dibuka oleh petugas.

Mereka berharap dapat meraih posisi di barisan terdepan agar proses pengurusan SKCK dapat terselesaikan dengan cepat.

Nur, salah seorang pemohon SKCK, mengungkapkan, dirinya sengaja datang pagi agar kebagian lebih awal.
“Alhamdulillah, bisa didepan. Habis libur panjang juga jadi maklum banyak begini,” katanya.

Antusiasme pemohon menciptakan antrian yang panjang, meluas hingga melewati kantor pelayanan SKCK. Meskipun cuaca terik, semangat warga tidak surut untuk memperoleh SKCK yang mereka butuhkan.

Banyak pemohon yang tidak dapat mendapatkan kursi duduk di dalam ruangan. Sebagai solusi, sebagian dari mereka terpaksa menulis di lantai dan tangga menggunakan papan tulis yang disediakan oleh petugas.

BACA JUGA: Gelaran SAC Swimming Championship 2, Lahirkan Bintang Renang Jawa Barat

“Gak kebagian kursi, jadi duduk di lantai. Gak apa-apa, yang penting masih bisa nulis. Ternyata penuh juga yah,” ujar Wawan, pemohon lain, menggambarkan situasi tersebut.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pemohon SKCK memiliki beragam keperluan, termasuk untuk mencari pekerjaan serta memenuhi syarat kelulusan penerimaan CPNS dan PPPK (pegawai pemerintah perjanjian kerja).

Meskipun jumlah pemohon melonjak drastis, Kepolisian Resort Tasikmalaya memastikan bahwa pelayanan SKCK tetap berjalan lancar. Pada hari pertama pasca libur Natal, sebanyak 1.600 pemohon berdatangan untuk mengurus SKCK.

“Karena habis libur, banyak warga yang baru bikin sekarang. Ada informasi sampai 1.600 pemohon,” ungkap Kompol Shohet, Waka Polres Tasikmalaya.

Pelayanan SKCK tetap efisien berkat proses pembuatan yang disederhanakan, melibatkan nomor antrian dan peningkatan jumlah anggota yang bertugas di bagian pelayanan SKCK.

Sementara, Kapolres Tasikmalaya, AKBP Bayu Catur Prabowo, menyampaikan permohonan maaf atas kepadatan pelayanan SKCK.

“Kami sampaikan permohonan maaf karena membludak pelayanan SKCK karena memang mendadak. Kami akan perbaiki pelayanannya, kita sediakan antrian buat besok dan tenda juga,” pungkas AKBP Bayu Catur Prabowo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *