NewsTasikmalaya

Antisipasi Lonjakan Arus Mudik Menuju Tasikmalaya Jelang Idul Fitri 1445 H

154
×

Antisipasi Lonjakan Arus Mudik Menuju Tasikmalaya Jelang Idul Fitri 1445 H

Sebarkan artikel ini

KAB.TASIK (CM) – Sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, volume kendaraan pemudik dari arah Bandung menuju Tasikmalaya terus mengalami peningkatan signifikan. Dini hari ini, Jumat (5/4/2024), terpantau lonjakan kendaraan pemudik, terutama kendaraan roda empat pribadi dengan plat nomor luar daerah.

Menurut data dari Satuan Lalu Lintas Polres Tasikmalaya Kota, sejak Kamis (4/4/2024) kemarin hingga dini hari ini, sebanyak 14.503 kendaraan telah melintas ke Jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya. Rinciannya, terdapat 9.543 kendaraan roda empat dan 4.960 kendaraan roda dua.

Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Joko Sulistiono, mengungkapkan bahwa meskipun terjadi peningkatan volume kendaraan, namun arus lalu lintas masih tetap terpantau ramai lancar. Puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada siang hingga malam ini.

“Kondisi jalur Gentong saat ini mengalami peningkatan, namun arus lalu lintas masih berjalan lancar. Kami memprediksi puncak arus mudik akan terjadi mulai dari siang ini hingga malam nanti,” ujar Kapolres Joko Sulistiono di Pos Pengamanan Terpadu Jalur Gentong, Jumat (5/4/2024) dini hari.

Untuk mengantisipasi kemacetan saat puncak arus mudik, pihak kepolisian telah menyiapkan 48 pos penjagaan dan pengaturan (Gatur). Selain itu, tim urai atau personel yang siap siaga untuk mengurai kemacetan juga telah disiapkan dan akan ditempatkan di titik-titik rawan.

“Kami sudah menyiapkan 48 pos gatur di sepanjang jalur Gentong untuk mengantisipasi kemacetan,” tambah Joko.

Pihak kepolisian juga telah menyiapkan skema rekayasa arus lalu lintas, seperti sistem one way atau satu arah dan skema contra flow, untuk mengatasi kemacetan jika diperlukan. Namun, penerapan skema tersebut akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Dengan langkah-langkah antisipasi ini, Kapolres berharap arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri dapat berjalan lancar dan aman bagi semua pemudik yang melintas. Pihaknya juga mengingatkan kepada seluruh pemudik untuk tetap waspada dan patuhi aturan lalu lintas demi keselamatan bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *