News

Perayaan Idul Adha di RW 01 Cintarasa, Pengorbanan dan Kebersamaan

238
×

Perayaan Idul Adha di RW 01 Cintarasa, Pengorbanan dan Kebersamaan

Sebarkan artikel ini

KOTA TASIK (CM) – Warga RW 01 Cintarasa, Kahuripan, Tawang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, berbondong-bondong mendatangi lapangan setempat untuk menyaksikan penyembelihan hewan kurban pada Perayaan Idul Adha 1445 H. Takbir bergema saat seorang ustad memimpin prosesi penyembelihan, mencerminkan semangat pengorbanan yang dalam dalam Islam.

Di DKM Al Wasilah RW 01 Cintarasa, penyembelihan hewan kurban berlangsung meriah dan khidmat. Panitia yang terdiri dari lima puluh orang, bersama masyarakat, bahu-membahu melaksanakan penyembelihan, menyisit kulit, memotong, mengantongi, dan mendistribusikan daging kurban.

Ketua panitia, Tatang Sutisna, didampingi Deden Kusdiyana, mengungkapkan bahwa lima ekor sapi dan dua ekor kambing disembelih pada tahun ini. “Alhamdulilah, kami menyembelih lima ekor sapi dan dua ekor kambing, termasuk satu kambing dari Pak H. Yadi Mulyadi, sesepuh Yayasan Pesantren At Taufik,” ujar Tatang pada Selasa (18/6/2024).

Daging kurban dibagikan kepada lebih dari lima ratus mustahik di RW 01 Cintarasa dan beberapa warga di sekitar Rumah Sakit Umum. Hal ini memastikan berkah Idul Adha dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama mereka yang kurang mampu.

Menurut Tatang, ibadah kurban mengajarkan bahwa pengorbanan adalah manifestasi tertinggi dari cinta dan kesetiaan kepada Tuhan. “Ketika seseorang berkurban, mereka tidak hanya melepaskan sebagian dari harta mereka, tetapi juga menunjukkan kesiapan untuk memberikan yang terbaik dari apa yang mereka miliki sebagai wujud pengabdian kepada Sang Pencipta,” terangnya.

Perayaan Idul Adha di RW 01 Cintarasa tidak hanya menjadi momen spiritual yang mendalam, tetapi juga memperkuat ikatan sosial dan rasa solidaritas antarwarga. “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang telah menitipkan hewan kurban dan masyarakat yang membantu kelancaran pelaksanaan penyembelihan. Semoga menjadi kebarokahan bagi kita semua. Aamiin,” harap Tatang.

Perayaan Idul Adha 1445 H di RW 01 Cintarasa menggambarkan bagaimana tradisi keagamaan dapat membentuk komunitas yang lebih peduli dan penuh kasih sayang, menanamkan nilai-nilai penting tentang pengorbanan dan kepedulian terhadap sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *