Kota Cimahi

Masih Ada Kas, TP dan DTP Bagi Guru di Cimahi Aman

75
×

Masih Ada Kas, TP dan DTP Bagi Guru di Cimahi Aman

Sebarkan artikel ini

CIMAHI, (CAMEON) – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cimahi menyatakan, Tunjangan Profesi (TP) dan Dana Tambahan Penghasilan (DTP) bagi guru di Kota Cimahi aman.

Hal tersebut menyikapi adanya penghentian TP dan DTP guru yang dilakukan oleh Kementrian Keuangan RI. Tapi, untuk di Cimahi, dipastikan tidak berdampak.

Kepala BPKAD Kota Cimahi Hella Haerani mengatakan, penggunaan anggaran sisa kas dan rencana kegiatan di Kota Cimahi rutin dilaporkan secara berkala. Dengan begitu, anggaran akan terserap hingga akhir tahun.

“Mungkin kas keuangan Cimahi dinilai wajar dan bagus, sehingga tidak masuk dalam penundaan penyaluran sebagian DAU (Dana Alokasi Umum) tahun anggaran 2016,” katanya, Selasa (30/8/2016).

Seperti diketahui, Kementrian Keuangan sudah mengeluarkan data penundaan Dana Alokasi Umum (DAU) selama 4 bulan ke depan. Di Jawa Barat, ada 12 kab/kota yang terkena dampak. Dari 12 kab/kota tersebut, Kota Cimahi tak termasuk di dalamnya.

Diungkapkan Hella, DAU Kota Cimahi mencapai Rp 586,5 miliar. Dari jumlah tersebut, sekitar 70-80% dialokasikan dari belanja langsung. Dari DAU yang diterima, pagu anggaran untuk guru mencapai Rp 149 miliar dan yang sudah ditransfer untuk TP sebesar Rp 81,9 miliar dan DTP sebesar Rp 400 miliar.

“Dengan adanya penghentian penyaluran TP dan DTP tahun ini, maka empat bulan ke depan akan dibayar dengan uang yang ada di kas daerah yang terkumpul sejak 2010,” terangnya.

Berdasarkan hasil penghitungan, kebutuhan anggaran pembayaran per triwulan TP guru sebesar Rp 31,5 miliar dengan asumsi seluruh guru hadir semua. Dari perhitungan, dana yang ada di kas daerahpun masih tetap surplus sebesar Rp 12 miliar.

“Kalau melihat dana untuk guru dihentikan maka dana yang hilang atau belum ditransfer mencapai 45 persen, tapi itu bisa tertutup dengan sisa TP dan DTP,” bebernya.

Berdasarkan data, jumlah guru yang mendapatkan tunjangan profesi guru di Cimahi sebanyak 2.600 orang. Sedangkan guru yang belum sertifikasi dan mendapatkan DTP atau non profesi sebanyak 400 guru. Cakrawalamedia.co.id (Rizki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *