News

Mahasiswa UPI Tasikmalaya Ajak Memuliakan Sampah

107
×

Mahasiswa UPI Tasikmalaya Ajak Memuliakan Sampah

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa UPI Tasikmalaya Ajak Memuliakan Sampah

KOTA TASIKMALAYA (CM) – BEM REMA UPI Kampus  Tasikmalaya melakukan sosialisai “Nyakar” atau Nyaah Ka Runtah. Aksi ini sebagai bentuk penyadaran pada semua pihak di lingkungan civitas akademika dan bahkan masyarakat, agar menjadikan sampah sebagai sahabat.

Kegiatan Nyakar ini dilaksanakan oleh Racana Ki Hajar Dewantara-R.A Kartini, bertepatan dengan momentum pelaksaan kegiatan Perjusami, di Lapang Tundagan, Minggu (22/5).

Presiden Mahasiswa BEM REMA UPI Kampus Tasikmalaya Hari A Zulfikar mengatakan, kegiatan Nyakar ini merupakan gerakan menyadarkan semua pihak akan pentingnya peduli pada sampah dan kebersihan.

“Sampah bukan tanggung jawab petugas kebersihan atau lembaga tapi seluruh civitas akademika,” tegasnya, disela kegiatan.

Dikatakan, pada dasarnya pergerakan yang parsial dalam menjalankan suatu program akan sulit untuk tercapai, butuh adanya langkah pasti dalam menjalankan suatu program kegiatan yang salah satunya dengan melakukan sosialisasi.

Menurutnya, sosialisasi program Nyakar merupakan upaya persuasif dan edukatif terhadap mahasiswa khususnya dan umumnya untuk masyarakat agar mampu menyikapi permasalahan sampah.

Ia mengungkapkan, kebanyakan masyarakat kurang bertanggung jawab terhadap sampah terutama sampah plastik. Banyak yang tidak peduli bahwa sampah plastik ini membahayakan kehidupan bumi di masa depan.

“Mari kita selamatkan Indonesia dan bumi ini dari penggunaan sampah plastik yang menghabiskan biaya triliunan rupiah,” ucapnya.

Ditempat sama, Dirjen Pengabdian BEM REMA UPI Kampus Tasikmalaya laila S Ramadhan mengatakan, program Nyakar sebagai bentuk penyadaran kepada semua pihak.

“Mari muliakanlah sampah! Dimulai dari hal yang sederhana! Kurangi penggunaan plastik sekali pakai!” tegasnya.

Sosialisasi program Nyakar ini sebelumnya juga telah dilaksanakan pada salah satu kegiatan HIMA PGPAUD UPI Kampus Tasikmalaya. Kali ini, bersama Racana Ki Hajar Dewantara – RA Kartini, Pramuka UPI Kampus Tasikmalaya, pihaknya memanfaatkan kegiatan  Perjusami.

“Memuliakan sampah dimulai dari hal yang sederhana. Kurangi penggunaan plastik satu kali pakai. Aksi nyata untuk perubahan,” ajaknya. (Ade Yulianto)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *