News

Koperasi Produsen DAKU Sajikan Alternatif Baru dalam Pemberdayaan Ekonomi Lokal

320
×

Koperasi Produsen DAKU Sajikan Alternatif Baru dalam Pemberdayaan Ekonomi Lokal

Sebarkan artikel ini
Pengurus Koperasi Produsen Duta Amanah Karya Usaha Dusun Ciupas Desa Madusari Kecamatan Wanareja Berpose Bersama Di Depan Area Produksi Abon Kelapa Terekel Ensha 01.(BG, CakrawalaMedia)

CILACAP (CM) – Dalam keseharian kita, koperasi seringkali diidentikkan dengan kegiatan simpan pinjam. Namun, Koperasi Produsen Duta Amanah Karya Usaha (DAKU) memperlihatkan perbedaan yang signifikan. Terletak di Dusun Ciupas Desa Madusari Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, koperasi ini menjadi salah satu Koperasi Nasional yang berbeda dengan fokusnya pada usaha produktif.

Mengusung semangat untuk mengintegrasikan potensi lokal pedesaan, Koperasi Produsen Duta Amanah Karya Usaha telah berhasil menciptakan beragam inisiatif usaha yang nyata. Salah satu produk unggulannya adalah Abon Kelapa Terekel Ensha 01, yang menggunakan kelapa sebagai bahan baku utamanya.

Kerjasama dengan pelaku usaha kecil dan menengah serta pemanfaatan penuh potensi lokal menjadi kunci kesuksesan koperasi ini. Berbagai sektor seperti pertanian, perikanan, dan perdagangan telah dikembangkan dengan baik, memberikan kontribusi positif bagi ekonomi lokal.

Afud Syaifuddin, Ketua Koperasi Produsen Duta Amanah Karya Usaha, menjelaskan bahwa koperasi ini berawal dari semangat untuk memberdayakan lingkungan sekitar.
“Pada awalnya, ide ini muncul dari diskusi santai saat bertemu dengan teman-teman masa lalu. Kami ingin membuka usaha yang berdampak positif bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Dari sinilah lahir ide untuk mendirikan Koperasi Produsen dengan fokus pada usaha nyata. Produk unggulan seperti Abon Kelapa Terekel Ensha 01 bukan hanya memberikan nilai ekonomis, tetapi juga membuka peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat.

Selain itu, koperasi ini juga telah merintis usaha di berbagai sektor lainnya, seperti gudang kelapa, perikanan, budidaya belut, pertanian, penggilingan padi, kerajinan sapu ijuk, warung sembako “Daku”, warung pancing “Cuan”, dan kebun durian “Kaduqu”. Semua ini dilakukan dengan tujuan untuk terus mengembangkan peluang usaha dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami berharap bahwa Koperasi Produsen Duta Amanah Karya Usaha dapat menjadi motor penggerak bagi pembangunan ekonomi lokal, tidak hanya di tingkat desa tetapi juga di tingkat nasional. Kami percaya bahwa dengan adanya koperasi ini, kami dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat sekitar dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” pungkasnya.

Dengan semangat memberdayakan dan berkontribusi bagi masyarakat, Koperasi Produsen Duta Amanah Karya Usaha membuktikan bahwa koperasi dapat menjadi alat yang efektif dalam memajukan ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan bersama. (BG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *