Kota Cimahi

Disdukcapil Kota Cimahi Siapkan Suket untuk Pilkada

216
×

Disdukcapil Kota Cimahi Siapkan Suket untuk Pilkada

Sebarkan artikel ini
Disdukcapil Kota Cimahi Siapkan Suket untuk Pilkada

CIMAHI, (CAMEON – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi menyiiapkan Surat Keterangan (Suket) untuk sejumlah masyarakat yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih dalam pemilu. Salah satunya, para remaja yang sudah menginjak usia 17 tahun pada Rabu mendatang (15/2/2017).

Berdasarkan data yang dihimpun, Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan data masyarakat yang wajib memiliki KTP berbeda. Tercatat, untuk jumlah DPT Kota Cimahi mencapai 375.722 orang. Sedangkan data masyarakat yang wajib memiliki KTP hingga Desember 2016 mencapai 382.714 jiwa.

Menurut Kadisdukcapil Kota Cimahi, Suryadi, masyarakat tinggal mendatangi kantornya untuk mendapatkan suket tersebut. “Masyarakat bisa menggunakan Surat Keterangan (Suket) yang dikeluarkan oleh Disdukcapil sebagai pengganti KTP-el sementara,” kata Suryadi kepada wartawan, Minggu (12/2/2017).

Nantinya, data tersebut akan diberikan secara kolektif kepada KPU. Sehingga, masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017.

Biasanya, suket tersebut bisa digunakan untuk mengurus berbagai keperluan administrasi ke berbagai instansi seperti kepolisian, imigrasi, perbankan, BPJS dan lain-lain. Selama ini, lanjut dia, semua instansi sudah mengerti dengan kebijakan yang diambil.

“Diberikan Suket ini dikarenakan blanko untuk KTP masih juga belum ada sejak bulan Oktober 2016,” jelasnya.

Untuk pelayanan, lanjut dia, Disdukcapil sendiri akan tetap membuka pelayanan pada saat pencoblosan. Hal tersebut sebagaimana imbauan dari Kementerian Dalam Negeri.

Hanya tiga bidang yang melakukan pelayanan pelaksanaan pencoblosan, Rabu mendatang (15/2/2017). Di antaranya terkait perekaman, pemberian suket dan data saja yang bekerja. “Begitu juga dengan kepala dinas yang masuk pada hari pencoblosan,” pungkasnya. (Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *