Info & Tips

Tips Memilih Pakaian Pria: Kenali Berbagai Bahan Kain Terbaiknya

694
×

Tips Memilih Pakaian Pria: Kenali Berbagai Bahan Kain Terbaiknya

Sebarkan artikel ini
Tips Memilih Pakaian Pria: Kenali Berbagai Bahan Kain Terbaiknya
ilustrasi baju pria

TASIKMALAYA (CM) – Untuk pakaian pria, kita punya banyak pilihan. Misalnya, jenis bahan yang dipilih dapat menentukan kenyamanan, kesesuaian, dan kemudahan dalam mencucinya.

Saat berbelanja kemeja pria, pertimbangkan bahan serta kelebihannya sebelum membeli agar Anda tak menyesal belakangan. Kain yang paling umum untuk pakaian pria sejauh ini adalah katun.

Kain katun sifatnya breathable atau adem, sehingga membuat Anda tetap sejuk dan kering dalam panas, serta hangat dalam suhu dingin saat melapisi kaos dalam.

Bahan katun lembut dan mudah dicuci, harganya pun seringkali cukup murah. Selain katun, ada banyak jenis kain lain yang umum dipakai untuk pakaian pria.

Apa saja? Simak ulasan lengkapnya  di bawah ini.

Linen

Linen adalah tekstil breathable yang nyaman dipakai di lingkungan panas dan dingin, serta dibuat secara alami dari tanaman rami.

Sedikit lebih kasar dari katun, linen sering digunakan dalam kemeja, jaket, dan jas. Linen hampir selalu memiliki tampilan kasual dan sangat mudah berkerut.

Ringan dan cepat kering, linen merupakan pilihan yang baik untuk pakaian musim panas atau pakaian luar ruangan dan cocok untuk iklim panas.

Rayon

Rayon adalah bahan kaos pria yang trendy atau kasual. Bahan ini merupakan bahan buatan yang terdiri atas katun, pohon, dan tanaman.

Hasilnya? Sepotong pakaian lembut dan nuansa halus. Bahan rayon ringan sehingga mudah dikenakan saat cuaca panas atau saat berolahraga.

Rayon dapat menyerupai sutra saat dikenakan ,tetapi berhati-hatilah karena rayon dapat dengan mudah kusut.

Polyester

Polyester mungkin merupakan bahan yang paling murah karena merupakan serat sintetis buatan.

Pakaian olahraga sering dibuat dari polyester, dan ketika ditambahkan ke serat lain, itu membuatnya mudah dirawat dan tahan lama.

T-shirt polyester mampu menjaga bentuknya tetap awet dan tidak kusut, sehingga dapat dibawa bepergian dengan baik. Jangan mencoba menyetrika kaos polyester Anda karena bisa meleleh.

Flanel

Pilihan populer untuk cuaca dingin adalah kain flannel. Siapa yang tidak suka kemeja flanel yang nyaman?

Flanel ditenun dari benang halus, menciptakan hasil akhir yang lembut dan halus yang terasa nyaman di kulit.

Tekstur permukaannya mengingatkan pada bahan katun twill dan kain flanel membantu menjaga pemakainya tetap hangat dalam cuaca dingin.

Flanel sangat bagus untuk pakaian santai, tapi kurang cocok untuk acara formal.

Oxford

Kain oxford kasar, namun nyaman, ditenun dengan tekstur jenis anyaman keranjang.

Oxford umumnya ditemukan dalam gaya button-down, awalnya dirancang untuk dikenakan tanpa dasi, dan telah menjadi salah satu atasan kasual untuk kemeja kerja paling populer.

Pakaian dari kain Oxford mudah dicuci. Penyetrikaan ringan bisa membuatnya tetap fresh dan bebas dari kerutan.

Pinpoint

Untuk kemeja bisnis atau kerja, kain pinpoint adalah pilihan yang sangat baik.

Tenunannya mirip dengan kain Oxford, tetapi menggunakan serat yang lebih halus yang ditenun lebih rapat, menciptakan kain yang padat namun halus seperti sutra.

Pinpoint sering ditemukan dalam pakaian formal, elegan, dan produk yang lebih mahal untuk dipasangkan dengan setelan jas dan dasi yang bagus.

Poplin

Kain poplin cukup populer dan telah digunakan dalam kaus selama beberapa dekade. Nuansa lembut dan nyaman dari kain poplin menjadikannya pilihan yang cocok untuk pakaian santai atau pakaian kasual pria.

Poplin sering ditemukan dalam pilihan warna yang tegas dan cerah karena mudah diwarnai. Kain poplin memiliki tekstur yang halus dan merupakan tekstil yang ringan.

Broadcloth

Kain broadcloth sekilas mirip kain poplin, tetapi sebenarnya lebih formal dan sedikit lebih mahal.

Tenunannya ketat, menciptakan tampilan renyah yang lembut di kulit. Serat padatnya tahan terhadap keausan biasa dan benangnya ditenun dalam pola over-under yang sering ditampilkan sebagai warna solid untuk mata.

Broadcloth sering dipakai sebagai bahan kemeja kantoran pria.

Twill

Twill atau kain kepar ditenun secara diagonal, menciptakan permukaan yang mengkilap atau bertekstur dan tenunan yang lebih tebal yang mengalir dengan baik dan tahan kusut.

Herringbone twill memiliki pola khas yang ideal untuk kemeja atau jas. Twill sering digunakan untuk atasan pria berkualitas dan cocok untuk acara semi-formal dengan celana panjang.

Tri-blend

Tri-blend pada dasarnya adalah campuran dari tiga atau lebih jenis bahan yang berbeda, biasanya kombinasi katun, poliester, dan rayon.

Tenunan hibrida ini menghadirkan kualitas terbaik dari ketiga kain populer ini ke dalam satu item, menghasilkan pakaian yang nyaman yang dicuci dengan baik dan terlihat mahal.

Beberapa campuran mungkin kurang breathable, tergantung pada kandungan katunnya. Juga, berhati-hatilah saat menyetrika bahan tri-blend karena mudah rusak.

Banyak sekali bahan kain untuk pakaian pria. Jadi sebelum Anda hunting kemeja atau kaus pria, sesuaikan dulu bahan kainnya dengan kebutuhan Anda.

Bahan-bahan tekstil di atas adalah yang paling umum, faktanya bahan kain ada ribuan jenisnya. Jangan sampai Anda kecewa ketika membeli pakaian pria secara online karena Anda kurang mengenal jenis-jenis bahannya.

Tapi tenang saja, di Blibli masalah itu bisa diatasi dengan mudah. Para seller pakaian di Blibli pasti akan mencantumkan deskripsi item fashion yang mereka jual secara jelas, mulai dari jenis kain, warna, model, sampai ukurannya.

Anda juga bisa chat langsung dengan penjualnya lho di aplikasi Blibli untuk memastikan pesanan Anda.

Blibli memang keren. Belanja apapun di sini pasti hemat, termasuk pakaian pria. Model apapun ada, pengirimannya cepat, dan barangnya pasti memuaskan.

Anda bisa mempercayakan kegiatan belanja di marketplace Blibli mulai dari sekarang, dan Anda pasti akan puas belanja di Blibli!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *