NewsTasikmalaya

Tanam Semangat Juang dan Karakter Perjuangan Melalui Pendidikan Bela Negara

219
×

Tanam Semangat Juang dan Karakter Perjuangan Melalui Pendidikan Bela Negara

Sebarkan artikel ini

KOTA TASIK (CM) – Pendidikan Bela Negara bagi mahasiswa memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk generasi penerus yang berkarakter, bertanggung jawab, dan siap menghadapi tantangan ke depan.

Universitas Perjuangan (Unper) Tasikmalaya terus mengukuhkan komitmennya untuk membentuk mahasiswanya menjadi individu bersemangat tinggi dan bermental kuat melalui kegiatan Pendidikan Bela Negara (PBN).

Dalam upaya mencetak pribadi yang memiliki karakter perjuangan yang kuat, Unper melibatkan mahasiswa dalam kegiatan yang tidak hanya memperkaya wawasan ilmiah, tetapi juga memupuk semangat juang dan mental yang tinggi untuk membela negara.

Ketua Yayasan Universitas Siliwangi (YUS) Brigjen TNI (Purn) Eko Yulianto menekankan pentingnya PBN sebagai bagian integral dari pembinaan mahasiswa.

Ia menyampaikan arahan pada kegiatan PBN yang digelar di lapangan Upacara Unper. “Sebagai generasi muda dan penerus bangsa, mahasiswa memiliki nilai strategis. Mereka harus memahami pentingnya bela negara, ini adalah kewajiban untuk menumbuhkan semangat dan jiwa nilai juang,” katanya.

Eko Yulianto menambahkan bahwa kegiatan PBN juga merupakan komitmen YUS untuk membina mahasiswa sesuai dengan jati diri bangsa yang memiliki kepribadian luhur dan jiwa juang yang tangguh, sejalan dengan cita-cita para pendahulu bangsa.

Kegiatan PBN tahun 2024 Unper mencatat rekor partisipasi dengan 1745 peserta, termasuk mahasiswa pindahan dari STIMIK Tasikmalaya yang belum mengikuti kegiatan sebelumnya.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Firgiawan, mengungkapkan bahwa peserta akan menerima beragam materi, mulai dari wawasan tentang nilai kebangsaan, kedisiplinan, sejarah perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan, hingga penguatan semangat persatuan dan kesatuan, serta rela berkorban demi pekerjaan tanpa pamrih dan cinta tanah air Indonesia.

Rektor Unper Prof.Dr.H.Yus Darusman menegaskan bahwa PBN bukan hanya kegiatan wajib, tetapi juga sarana untuk mengasah mental dan membekali semangat perjuangan mahasiswa.

Ia berharap agar mahasiswa siap menghadapi situasi darurat atau perang, dengan keyakinan bahwa kegiatan ini akan membantu mengasah mental dan semangat mahasiswa.

“Kita berharap dengan kegiatan PBN mental dan semangat mahasiswa akan terasah, dan apabila semangat itu sudah ditanamkan, maka seluruh komponen bangsa Indonesia, termasuk mahasiswa Unper sudah siap menghadapinya,” kata Yus.

Dengan demikian, Unper Tasikmalaya tidak hanya fokus pada aspek akademis, tetapi juga secara aktif membentuk karakter mahasiswa agar memiliki kecintaan yang tinggi terhadap tanah air serta semangat juang yang tinggi dan mental yang kuat untuk menghadapi setiap rintangan di masa depan.

Mahasiswa Unper diharapkan tidak hanya cakap dalam berbagai ilmu, tetapi juga memiliki dedikasi tinggi terhadap kepentingan bangsa dan negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *