Pangandaran

Pohon Rimba Tumbang Akibat Lapuk dan Terjangan Angin Kencang

102
×

Pohon Rimba Tumbang Akibat Lapuk dan Terjangan Angin Kencang

Sebarkan artikel ini
Pohon Rimba Tumbang Akibat Lapuk dan Terjangan Angin Kencang

PANGANDARAN, (CAMEON) – Tumbangnya pohon rimba berukuran besar di Blok Panarekean Rt 4/1 Dusun Karangsari Desa Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang, Pangandaran itu akibat lapuknya kondisi pohon. Bahkan, usia pohon yang sudah 50 tahun itu dalam keadaan busuk ditambah lagi angin kencang menjadi salah satu penyebab tumbangnya pohon milik Perhutani tersebut.

Menurut saksi mata Babinsa Desa Putrapinggan Kopral Satu (Koptu) Turyono menyebutkan tumbangnya pohon rimba akibat kondisi pohon yang sudah lapuk. “Selain berumur sudah tua, pohon tumbang juga akibat diterjang angin puting beliung,” ujarnya kepada CAMEON di lokasi kejadian, Sabtu (4/2/2017).

“Kebetulan di mobil saya ada mesin potong senso, saya pun dibantu teman Endang langsung memotong pohon tumbang itu karena menutup badan jalan sehingga arus lalu lintas total tidak bisa dilintasi kendaraan baik roda dua maupun roda empat,” terangnya.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat Desa Putrapinggan Undang Supriatna menyesalkan pihak BPBD dan PLN yang telat datang ke lokasi kejadian. “Beruntung ada Babinsa, Babinmas dibantu warga setempat yang sigap membawa mesin potong senso sehingga pohon tumbang bisa dievakuasi dan arus lalin kembali normal dalam waktu cepat,” tambahnya.

“Setelah beres dievakuasi dan potongan pohon dipinggirkan oleh warga, barulah muncul petugas BPBD dan PLN. Setibanya di lokasi, petugas BPBD hanya selfi sembari pegang potongan kayu, mungkin bagi mereka cukup memberikan poto ke atasannya bahwa mereka datang ke lokasi walaupun kenyataannya tidak ada kerjanya,” cetus Undang.

Dari pantauan CAMEON di lokasi kejadian, sekitar pukul 16.45 WIB arus lalu lintas sudah mulai jalan kembali dengan bantuan dari pihak Kepolisian dari Sektor Kalipucang. (Andriansyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *