KOTA TASIKMALAYA (CAMEON) – Banyaknya keluhan keluarga pasien yang masuk ke Italasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soekardjo hingga berjam-jam, akhirnya mendapat penjelasan dari pihak direktur Rumah Sakit Wasisto Hidayat, di lobi Bale Kota Jalan Letnan Harun, Selasa (11/4/2017).
Direktur RSUD dr. Soekardjo, Wasisto Hidayat, membenarkan banyaknya keluhan dari keluarga pasien yang merasa ditelantarkan di ruang IGD Rumah Sakit. “Memang betul tidak sedikit keluarga pasien yang mengeluh ketika masuk ke IGD Rumah Sakit Umum dr. Soekardjo itu,” ucapnya.
Namun beliau menjelaskan alasan kenapa pasien bisa berlama-lama berada di ruang IGD. “Niat kami dan para petugas di IGD ingin menyelamatkan pasien secara maksimal, dengan melengkapi hasil laboratorium, ronsen dan pemeriksaan lainnya. Sehingga ketika pasien masuk ke ruang rawat inap semuanya sudah lengkap,” lanjut Wasisto.
“Dan ini perlu diketahui juga, jika ada pasien lebih dari satu hari di rawat di IGD, hal ini dimungkinkan penyakit pasien yang diderita sangat parah atau beresiko tinggi dan itu memerlukan tindakan observasi sehingga harus mendapatkan perhatian dokter secara khusus,” tambahnya.
Terakhir Wasisto menerangkan bahwa pasien tidak akan mendapatkan perhatian secara penuh dari dokter jika sudah berada di ruang rawat inap. (Edi Mulyana)