Jawa Barat

Duh…Harga Paket Sembako Murah di Pangandaran Diwarnai Mark Up

14
×

Duh…Harga Paket Sembako Murah di Pangandaran Diwarnai Mark Up

Sebarkan artikel ini
Duh,,Harga Paket Sembako Murah di Pangandaran Diwarnai Mark Up
Ilustrasi

PANGANDARAN, (CAMEON) РPemerintah Provinsi Jawa Barat mengadakan kegiatan Operasi Pasar Murah di 24 kabupaten/kota tahun ini, termasuk di Kabupaten Pangandaran.  Dalam kegiatan tersebut Pemprov Jawa Barat menelan anggaran sebesar Rp 15 miliar.

Berdasarkan informasi yang diterima CAMEON, di Kabupaten Pangandaran yang menerima sembako murah dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat sebanyak 10 ribu kepala keluarga (KK). Sembako murah itu terdiri dari Beras sebanyak 5 kg, Gula Pasir 3 kg dan Minyak Goreng 3 kg dengan harga Rp 61 ribu perpaket sembako. Namun, Harga paket sembako di beberapa Desa ditemukan penggelembungan atau Mark Up harga paket sembako dari Rp 61 ribu menjadi Rp 80 – 90 ribu persatu paket sembako.

Saat ditemui diruang kerjanya. Camat Pangandaran Yayat Kiswayat mengaku bahwa pihak Kecamatan hanya menerima titipan 1500 paket sembako murah dari Dinas Perindagkop Kabupaten Pangandaran untuk disalurkan ke masing-masing. “Paket sembako sebanyak 1500 itu langsung di distribusikan ke 8 Desa oleh bagian Ekbang Kecamatan,” ujarnya kepada CAMEON, Senin (20/6).

Saat disinggung soal harga paket sembako murah, Yayat mengatakan bahwa pihaknya tidak tahu soal harga dan Kecamatan tidak mempunyai kewenangan dalam urusan harga sembako murah. “Setahu saya harga dari Dinas Perindagkop itu sekitar Rp 75 ribu/paket, jika di Desa-desa harganya menjadi Rp 90 ribu/paket ya wajar aja karena butuh transport membawa paket sembako dari kecamatan ke desanya masing-masing,” kilah Yayat.

Salah seorang Staf Desa Sukahurip Kecamatan Pangandaran yang minta namanya di rahasiakan membenarkan bahwa harga paket sembako murah di desanya dijual ke warga Rp 90 ribu/paket. “Isi dari paket sembako murah itu terdiri Beras 5 kg, Minyak Goreng 3 kg dan Gula pasir 3 kg, dan Masyarakat cukup membayar Rp 90 ribu saja,” cetusnya.

“Progam ini sangat membatu masyarakat, dan proses pendistribusiannya pun terbilang mudah dari Kecamatan ke Desa-Desa dan dari Desa langsung ke masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, penggelembungan harga paket sembako murah itu juga terjadi di Desa Sidamulih Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran, harga Paket sembako murah dari Rp 61 ribu/paket menjadi Rp 80 ribu/paket. cakrawalamedia.co.id ( Andriansyah )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *