Kesehatan

Cara Konsumsi Minuman Kolagen yang Aman Bagi Ibu Hamil

465
×

Cara Konsumsi Minuman Kolagen yang Aman Bagi Ibu Hamil

Sebarkan artikel ini
Cara Konsumsi Kolagen yang Aman Bagi Ibu Hamil
ilustrasi ibu hamil

Manfaat kolagen

Ada banyak manfaat dari mengonsumsi suplemen kolagen. Kolagen adalah protein dan dapat berkontribusi pada kebutuhan protein Anda secara keseluruhan. Serbuk kolagen terdiri dari asam amino, atau bahan penyusun semua protein. Ada 20 hingga 22 asam amino yang membangun protein, termasuk arginin, asam glutamat, lisin, prolin, dan tirosin.

Menurut American Pregnancy Association, ibu hamil harus mengonsumsi 75 hingga 100 gram protein per hari. Akan tetapi kebutuhan protein juga sebenarnya bergantung pada kebutuhan individu. Penelitian terbaru tentang kebutuhan protein selama kehamilan menunjukkan bahwa rata-rata 1,2 hingga 1,5 gram protein per kilogram berat badan diperlukan selama tahap awal (sekitar 16 minggu) dan akhir (sekitar 36 minggu) kehamilan.
Suplemen kolagen dapat mendukung kebutuhan nutrisi Anda untuk memenuhi dosis yang dianjurkan ini.

Manfaat Kolagen Untuk Kulit
Manfaat minuman kolagen yang paling sering disebut-sebut adalah untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Penelitian menunjukkan bahwa peptida kolagen ini mampu mendukung elastisitas kulit dan kepadatan kolagen kulit karena peptida kolagen terhidrolisis telah terbukti membantu meningkatkan produksi kolagen alami tubuh Anda dengan mendukung fibroblas. Kolagen dapat membantu meningkatkan tingkat hidrasi kulit, serta menyokong elastisitas kulit saat kulit meregang karena kehamilan—dua masalah yang seringkali dihadapi ibu hamil.

Pada Journal of Drugs In Dermatology yang diterbitkan pada Januari 2019, para ilmuwan meneliti 800 pasien yang mengkonsumsi kurang lebih 10 gram kolagen setiap hari. Hasilnya, suplemen kolagen terbukti menunjukkan perbaikan kesehatan dan keelastisan kulit, membuat kulit lebih baik dalam mempertahankan kelembapan, dan meningkatkan jaringan serat kolagen dalam kulit. Hal ini tentu merupakan berita baik bagi ibu hamil yang sering mengeluhkan kulit kering dan selulit yang muncul karena kulit meregang selama kehamilan.

Tulang dan Sendi
Kenyamanan sendi mungkin menjadi masalah bagi ibu hamil karena adanya penambahan berat atau tekanan pada sendi seiring berjalannya waktu. Satu uji klinis, menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen kolagen selama 180 hari mengalami peningkatan fungsi fisik dan membantu meningkatkan mobilitas dan kenyamanan sendi. Studi terbaru lainnya menunjukkan bahwa ketika atlet secara teratur mengonsumsi kolagen, kesehatan dan pemulihan sendi mereka secara keseluruhan menjadi lebih baik. Salah satu studi yang dipublikasikan pada Januari 2017 pada jurnal Applied Physiology, Nutrition and Metabolism menemukan bahwa atlet dengan sakit lutut yang mengkonsumsi 5 gram peptide collagen setiap hari selama 12 minggu mengalami penurunan sakit sendi selama berolahraga dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kolagen. Kolagen juga mendukung perbaikan tulang rawan dan juga memiliki efek anti peradangan.

Kepadatan mineral pada tulang dapat menurun seiring bertambahnya usia, terutama setelah Anda mengalami menopause. Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan pada Januari 2018, peneliti menyebutkan bahwa kolagen merangsang pembentukan tulang sekaligus memperlambat pengeroposan tulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *