Tasikmalaya

BPBD Beri Pembekalan Untuk 69 Relawan Kelurahan

73
×

BPBD Beri Pembekalan Untuk 69 Relawan Kelurahan

Sebarkan artikel ini
BPBD Beri Pembekalan Untuk 69 Relawan Kelurahan

KOTA TASIKMALAYA, (CAMEON) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya menggelar pelatihan tanggap darurat penanggulangan bencana dari unsur masyarakat Kelurahan, di halaman kantor BPBD Jalan Sutisna Senjaya Cibeureum Kota Tasikmalaya, Kamis (9/3/2017).

Kepala BPBD Soni Sudrajat mengatakan, pelatihan di gelar selama tiga hari berturut-turut. Sebanyak 69 peserta dari masing-masing kelurahan telah siaga berkumpul.

“Mereka dididik diberi pembekalan berupa keterampilan, ilmu pengetahuan, ketangguhan, kecakapan dalam menanggulangi darurat bencana dan menyampaikan informasi kepada BPBD secara tajam, akurat dan terpercaya,” bebernya, Kamis (9/3).

Dikatakan Soni, narasumber kegiatan ini didatangkan langsung dari Basarnas pusat, BPBD Provinsi, dan PMI. Pihaknya ingin, pembekalan yang diberikan langsung dari sumbernya.

“Pertama pemberian materi, kedua diskusi, terakhir outbond di pusatkan di Situ Gede,” ujar Soni.

Selain tujuan utama pelatihan relawan, kegiatan ini dalam rangka mempercepat proses penanggulangan bencana di masing-masing Kelurahan.

Rencana berikutnya, BPBD akan membuatkan posko di masing-masing Kelurahan dengan dilengkapi beserta peralatan termasuk bantuan alat komunikasi.

Adapun tugas dan fungsi relawan setelah di bentuk posko, kata dia, untuk mengevaluasi terjadinya potensi bencana. “Sehingga apabila ada terjadi apa-apa di lapangan mereka langsung berkoordinasi dengan BPBD,” tegasnya.

Pihaknya percaya, para relawan yang sekarang diikutsertakan dalam pelatihan ini adalah orang-orang pilihan yang langsung ditunjuk oleh lurah di masing-masing kelurahan.

Soni berharap, sebanyak 69 relawan yang lolos seleksi di Kelurahan, memiliki niat memiliki jiwa ikhlas, tanpa pamrih, tangguh dan memiliki sosial tinggi. (Edi Mulyana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *