Kota Cimahi

Biar Aman Saat Mudik, Dishub Kota Cimahi Akan Uji Kelayakan Kendaraan

62
×

Biar Aman Saat Mudik, Dishub Kota Cimahi Akan Uji Kelayakan Kendaraan

Sebarkan artikel ini
Biar Aman Saat Mudik, Dishub Kota Cimahi Akan Uji Kelayakan Kendaraan

CIMAHI, (CAMEON) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi direncanakan akan menguji bus-bus umum yang akan mengangkut pemudik dari Kota Cimahi.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ison Suhud mengatakan, pengujian kendaraan pengangkut pemudik dilakukan untuk mengecek kesiapan armada terutama soal administrasi dan kelengkapan.

“Sebagaimana yang dilakukan Kementerian Perhubungan, kita juga melakukan uji kelayakan kendaraan,” katanya, Rabu (22/6/2016).

Rencananyan, Dishub akan melakukan uji kelayakan bus umum menjelang lebaran. Namun, terlebih dahulu akan mengundang pihak yang bersangkutan.

“Kamis diundang oleh kita (pengelola bus),” ujarnya.

Namun, pengujian kendaraan yang akan dilakukan Dishub Kota Cimahi akan berbeda dari biasanya. Pasalnya, Dishub hanya akan mengecek beberapa ornamen saja.

“Yang dilakukan itu, bus yang ada di Cimahi itu melihat masa uji bukti KIR-nya,” terangnya.

“Kemudian kita lihat kacanya, lampu remnya, kotak kesehatan (kotak P3K),” tambahnya.

Pengujian kendaraan di Cimahi memang tidak dilakukan seperti biasanya. Pasalnya, jika uji kelayakan dilakukan secara menyeluruh, kata Ison, membutuhkan alat-alat dan tempat yang memadai. “Pengujiannya harus khusus,” ucapnya.

Di Cimahi sendiri memang ada tempat uji kelayakan kendaraan, namun memang secara kapasitas tidak mendukung untuk menguji kelayakan kendaraan bus besar.

Untuk menguji dan mengecek kelayakan kendaraan bus umum, pihaknya juga akan menggandeng pihak kepolisian. “Kita bekerjasama dengan kepolisian,” katanya.

Terakhir, Ison mengimbau kepada seluruh pemudik baik yang ingin menggunakan bus umum atau menggunakan kendaraan pribadi untuk senantiasa berhati-hati dan memilah mode transportasi yang akan digunakan saat mudik nanti.

“Untuk yang naik bus sebaiknya jangan terlalu banyak bawa barang. Kemudian untuk motor, sebaiknya ikuti saja program (mudik bareng) yang dilaksanakan (pihak yang menyelenggarakan),” imbuhnya. cakrawalamedia.co.id (Rizki)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *