NewsTasikmalaya

Sukses Petani Muda Tasikmalaya di Bisnis Koi dan Nila, Jutaan Rupiah Terbukti

184
×

Sukses Petani Muda Tasikmalaya di Bisnis Koi dan Nila, Jutaan Rupiah Terbukti

Sebarkan artikel ini

KAB. TASIK (CM) – Industri bisnis ikan koi dan nila terus mengalami pertumbuhan yang menjanjikan, dengan permintaan yang terus meningkat dari para pecinta ikan hias.

Para pelaku bisnis di sektor ini berhasil meraih kesuksesan melalui inovasi dalam pemeliharaan, pengembangan varietas, dan pemasaran yang cerdas.

Potensi pasar yang luas dan minat konsumen yang tinggi membuat bisnis ini menjadi pilihan yang menarik, menciptakan peluang bisnis yang cerah di dunia ikan hias dan ikan konsumsi.

Seperti yang dilakukan Adi Amalia Almansur, petani budidaya ikan asal Kec. Parung Ponteng Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Ia mengaku menggeluti pekerjaan budi daya ikan hias dan ikan konsumsi ini sejak tahun 2010.

“Ada 10 kolam ikan berukuran 4 kali 7 meter untuk budidaya. Prosesnya mulai dari penetasan telur ikan hingga siap panen,” katanya.

Ia menjelaskan ada beberapa jenis ikan hias dan ikan konsumsi, seperti ternak ikan koi, gurami padang, dan ikan nila prima.

“Panen ikan ini dilakukan dua pekan sekali. Ikan dikirim ke sejumlah kota di jawa barat,” ujarnya.

Menurut Adi, usaha yang digelutinya itu mendatangkan omzet dan keuntungan mencapai belasan juta rupiah setiap bulannya.

Ia menambahkan bahwa ikan nila prima dilokasi ini memiliki bobot besar mencapai 3 kilogram per ekor dengan harga 35 ribu rupiah/Kg. Sementara ikan koi dijual bervariasi bergantung motif, harganya mulai ratusan hingga jutaan rupiah.

Dalam kesempatan yang sama, pembeli ikan, Enjang mengaku bahwa kualitas ikan konsumsi di sini memiliki daging yang lezat dan ikan hias koi lebih tahan lama meski minim perawatan.

“Beli ikan nila prima di sini bagus, dagingnya enak dan lezat,” pungkas Enjang dengan senyum puas.

Dengan cerita kesuksesan Adi dan testimoni positif dari pembeli seperti Enjang, industri bisnis ikan koi dan nila di Kabupaten Tasikmalaya terus mengukuhkan posisinya sebagai sektor yang menjanjikan dan memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *