Kota Cimahi

Sebanyak 682 Rumah Akan Direnovasi Melalui Program Rutilahu

261
×

Sebanyak 682 Rumah Akan Direnovasi Melalui Program Rutilahu

Sebarkan artikel ini
Sebanyak 682 Rumah Akan Direnovasi Melalui Program Rutilahu

CIMAHI, (CAMEON) – Sebanyak 682 rumah akan direnovasi melalui program rutilahu pada 2017. Renovasi tersebut berasal dari sejumlah pihak. Di antaranya 260 rumah dari Pemerintah Kota Cimahi, 222 rumah dari Pemerintah Provinsi dan 200 rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menurut Kepala Bidang Perumahan Pemukiman Dinas Perumahan dan Pemukiman (Diskimrum) Kota Cimahi Yani Rizaningsih, anggaran dari masing-masing pihak berbeda. Khusus untuk pemerintah Kota Cimahi menganggarkan Rp 10 juta/rumah. Sedangkan dari Pemerintah Jawa Barat mencapai Rp 15 juta/rumah. Sedangkan dari kementrian bisa mencapai 30 juta/rumah.

”Jumlah saat ini memang meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Akan tetapi, terkait jumlah anggaran masih tetap sama,” ucap Yani kepada CAMEON ditemui di rumahnya, Kamis (23/2/2017).

Pada tahun sebelumnya, hanya menovasi 322 rumah dalam program rutilahu. Di antaranya, 150 rumah dari pemerintah Kota Cimahi, 90 rumah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan 82 rumah dari Kementrian PUPR.

Di tempat yang sama, salah satu staf Bidang Perumahan Pemukiman Diskimrum Kota Cimahi Beni Gunawan mengatakan, jumlah rumah yang perlu mendapatkan bantuan renovasi cukup banyak. Sehingga, setiap tahunnya Pemkot Cimahi akan melakukan peningkatan jumlah penerima bantuan. Walaupun begitu, pada 2016 Pemkot Cimahi telah mencatat sejumlah rumah yang perlu mendapatkan bantuan.

”Semua data sudah ada di Pemerintah Kota Cimahi. Sehingga, saat ini para penerima bantuan harus menunggu giliran,” jelasnya.

Anggaran yang ada saat ini sebenarnya masih sangat kurang. Akan tetapi, anggaran yang ada diharapkan bisa dimanfaatkan. Selain itu, bagi masyarakat yang rumahnya perlu mendapatkan renovasi dari program rutilasi, pihaknya membuka selebar-lebarnya dengan mekanisme tertentu.

”Kami sudah melakukan pendataan, kami akan melakukan secara bertahap terkait perbaikan,” ucapnya.

Diakui olehnya, terutama di daerah perbatasan masih banyak rumah yang tidak layak huni. Seperti yang panggung dan lain sebagainya. Tercatat, dalam setiap kelurahan terdapat 10 rumah yang akan direnovasi. (Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *