Info & Tips

Rahasia Telur Awet, Tips dan Trik Agar Telur Tahan Lama

242
×

Rahasia Telur Awet, Tips dan Trik Agar Telur Tahan Lama

Sebarkan artikel ini

TIPS (CM) – Telur merupakan salah satu bahan makanan yang sangat populer dan sering digunakan dalam berbagai resep masakan. Namun, telur memiliki masa simpan yang terbatas, sehingga penting untuk mengetahui cara agar telur tetap awet dan tahan lama. Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

  1. Simpan Telur di Kulkas Menyimpan telur di kulkas merupakan cara paling efektif untuk memperpanjang masa simpan telur. Suhu dingin akan memperlambat pertumbuhan bakteri dan menjaga kesegaran telur lebih lama. Pastikan telur disimpan pada suhu antara 1 hingga 4 derajat Celsius.
  2. Jangan Cuci Telur Sebelum Disimpan Telur memiliki lapisan pelindung alami yang disebut kutikula, yang membantu mencegah masuknya bakteri ke dalam telur. Mencuci telur sebelum disimpan dapat merusak lapisan ini dan membuat telur lebih rentan terhadap kontaminasi bakteri. Jika telur terlihat kotor, bersihkan dengan lembut menggunakan kain kering atau kertas tisu.
  3. Simpan Telur dalam Karton Aslinya Menyimpan telur dalam karton aslinya di kulkas dapat membantu melindungi telur dari benturan dan fluktuasi suhu. Karton telur juga dapat membantu mencegah bau dari makanan lain di kulkas masuk ke dalam telur.
  4. Jaga Telur dalam Posisi yang Benar Simpan telur dengan posisi ujung runcingnya menghadap ke bawah. Hal ini membantu menjaga kuning telur tetap berada di tengah dan mencegahnya menyentuh kulit telur, sehingga kuning telur tidak cepat rusak.
  5. Periksa Kesegaran Telur Secara Berkala Untuk memastikan telur masih segar, Anda dapat melakukan tes sederhana dengan merendam telur dalam air. Telur yang tenggelam dan terbaring di dasar wadah masih segar, sedangkan telur yang mengapung atau berdiri di dasar wadah sudah tidak segar dan sebaiknya tidak digunakan.
  6. Gunakan Telur dalam Waktu yang Tepat Telur biasanya dapat bertahan selama 3-5 minggu jika disimpan dengan benar di kulkas. Namun, sebaiknya gunakan telur sebelum tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan untuk memastikan kualitas dan keamanannya.
  7. Hindari Menyimpan Telur di Pintu Kulkas Pintu kulkas sering mengalami fluktuasi suhu akibat sering dibuka dan ditutup. Hal ini dapat mempercepat proses pembusukan telur. Simpan telur di bagian dalam kulkas yang lebih stabil suhunya.
  8. Beku Telur untuk Penyimpanan Jangka Panjang Jika Anda memiliki telur dalam jumlah banyak dan ingin menyimpannya untuk jangka waktu lebih lama, Anda bisa membekukan telur. Pisahkan putih dan kuning telur, kocok lepas, lalu simpan dalam wadah kedap udara di freezer. Telur beku dapat bertahan hingga satu tahun.

Dengan menerapkan tips di atas, Anda dapat memastikan telur tetap awet dan tahan lama, sehingga dapat digunakan dalam berbagai hidangan favorit Anda tanpa khawatir tentang kualitas dan keamanannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *