Jawa Barat

Perusahaan Asal Tiongkok Tertarik Bangun TPA Sumur Bandung

38
×

Perusahaan Asal Tiongkok Tertarik Bangun TPA Sumur Bandung

Sebarkan artikel ini

BANDUNG BARAT, (CAMEON) – Perusahaan asal Tiongkok, Zhejiang Bestwa Envitech Co, tertarik membangun tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Desa Sumur Bandung, Kecamatan Cipakat, Kabupaten Bandung Barat. Rencananya, areal itu akan menjadi TPA, menggantikan TPA Sarimukti.

Sebagai langkah awal, perusahaan tersebut tengah melakukan studi kelayakan. “Perusahaan Tiongkok lebih tertarik melakukannya di Sumur Bandung, dibandingkan di TPA Sarimukti,” kata Anugrah, kepala Dinas Karya Cipta dan Tata Ruang Kabupaten Bandung Barat, baru-baru ini.

Menurut Anugrah, sekitar 50 hektare lebih lahan di Sumur Bandung memang rencananya akan dijadikan TPA. Studi kelayakan di Sumur Bandung oleh perusahaan asal Tiongkok itu akan berlangsung hingga menjelang akhir tahun ini.

Jika dinilai layak, perusahaan tersebut akan segera melakukan kontrak dengan Pemkab Bandung Barat untuk mengelola sampah. Kerja sama itu dibutuhkan agar pengelolaan TPA jauh lebih lagi. Pasalnya, perusahaan itu sudah berpengalaman di negaranya dalam mengelola sampah, sehingga menghasilkan listrik dan air bersih.

Bila jadi kerja sama, Zhejiang Bestwa Envitech Co akan membangun infrastruktur dengan teknologi terbaru dari Jerman. Dengan infrastruktur tersebut, tumpukan sampah bisa menghasilkan energi listrik dan air bersih yang layak minum. “Nantinya akan dibuat instalasi pengolahan air limbah terpadu untuk mengatasi pencemaran lingkungan,” sebut Anugrah. Cakrawalamedia.co.id (Nta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *