Jawa Barat

Pentingnya Menjaga Kesehatan Paru

61
×

Pentingnya Menjaga Kesehatan Paru

Sebarkan artikel ini
Pentingnya Menjaga Kesehatan Paru

BANDUNG, (CAMEON) – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Alma Lucyati menyebut, kesehatan paru merupakan salah satu bagian penting kesehatan seseorang secara menyeluruh. Bila paru sehat, tentu saja napas pun menjadi lancar, dan tidak hanya hidup sehat tetapi juga hidup menjadi produktif dan berkualitas.

Penyakit paru dan saluran pernapasan sangat sering dijumpai di masyarakat dan merupakan masalah kesehatan secara nasional. Hal ini terutama akibat penyakit Tuberkulosis (TB). Kata dia, dimana Indonesia saat ini menempati peringkat kedua di dunia. Bahkan, kasus TB dengan kebal obat pun meningkat.

“Termasuk di Jawa Barat, penyakit TB ini masih tinggi angkanya,” kata Alma dalam acara HUT Arsabapi di CFD Dago, Bandung, Minggu (24/7/2016).

Dia mengatakan, TB merupakan penyakit yang dapat sembuh dengan pengobatan yang benar dan teratur. Kasus-kasus penyakit paru juga bertambah akibat gaya hidup masyarakat yang tidak sehat akibat rokok.

“Kini kita mengetahui rokok sudah mulai dikonsumsi anak-anak di bangku SD. Sementara, anak-anak yang lebih kecil sudah menjadi perokok pasif akibat menghirup asap rokok yang disulut para orang tua,” paparnya.

Dia berharap, masyarakat Jawa Barat harus mulai meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk mencegah gangguan paru, sehingga mampu mandiri mengatasi masalah-masalah yang mengancam kesehatan paru.

“Semoga menjadi manfaat bagi kita sendiri sebagai pelaku kesehatan dan juga masyarakat secara umumnya,” pungkasnya. cakrawalamedia.co.id (Kky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *