Jawa Barat

Paket 3 In 1 Ala Disdukcapil Kota Cimahi Diyakini Senangkan Warganya

89
×

Paket 3 In 1 Ala Disdukcapil Kota Cimahi Diyakini Senangkan Warganya

Sebarkan artikel ini
Paket 3 In 1 Ala Disdukcapil Kota Cimahi Diyakini Senangkan Warganya

CIMAHI, (CAMEON) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi mengklaim pelaksanaan administrasi kependudukan paket three in one berjalan lancar.

Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil Kota Cimahi, Dessy Setiawati mengatakan, paket three in one yang baru berjalan sekitar 1 bulan tersebut pelaksanannya sanga baik.

“Lancar, allhamdulilah sistem juga ga ada gangguan,” ujarnya, Kamis, 09/06/2016.

Dikatakan Dessy, selama sebulan pelaksanaan, yang mengurus administasi kependudukan lewat paket three in one kebanyakan yang ingin membuatn akte kelahiran.

“Jadi, yang terutama yang (surat)pindah datang (ke Cimahi) sama akte kelahiran,” terangnya.

“Kalau yang (surat) kematian ga terlalu banyak, jarang jarang,” tambah Dessy.

Terkait respon masyarakat terhadap adanya paket pelayanan administrasi baru tersebut sangat baik. Hal itu bisa dilihat dari animo masyarakat yang mulai membuat administrasi kependudukan melalui paket three in one.

“Mereka seneng, sekali datang bisa dapat beberapa dokumen,” klaim Dessy.

Hanya saja yang jadi permasalahan, lanjut Dessy, masih adanya masyarakat yang mengurusnya lewat orang ketiga atau perantara.

Jika masyarakat membuat administarsi kependudukan lewat orang ketiga atau calo, itu bisa saja menghambat proses pembuatan. Misalkan, jika salah satu persyaratannya kurang, otomatis itu tidak akan bisa dibuatkan administrasi kependudukan.

“Saya sarankan urus sendiri,” imbuh Dessy.

Perihal pemberitahuan kepada masyarakat Kota Cimahi terkait adanya paket administrasi tersebut, ujar Dessy, selama sebulan ini diperkirakan baru sekitar 50 persen masyarakat yang tahu.

Untuk lebih mengenalkan dan memberitahukan kepada masyarakat, terang Dessy, pihaknya sudah menyiapkan sarana sosialisasi yang terbaru.

“Tapi nanti kita putar (video) animasi untuk three in one,” terangnya.

Rencananya, video animasi tentang paket three in one itu akan dikirim ke 15 Kelurahan yang ada di Kota Cimahi untuk diputar sebagai sarana sosialisasi paket tersebut.

“Rencananya akan kami edarkan ke kelurahan. Jadi, kelurahan bisa memutar filmnya supaya mereka tau bahwa kita punya program itu (paket three in one),” papar Dessy.

Diharapkan, dengan adanya paket three in one yang bisa dikatakan memudahkan masyarakat dalam mengurus administarsi kependudukan, tingkat kesadaran masyarakat jadi lebih meningkat.

“Harapan tingkat kepedulian masyarakat jadi tinggi,” pungkas Dessy. cakrawalamedia.co.id (FBR)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *