News

Miniatur Menarik Dari Koran Bekas

181
×

Miniatur Menarik Dari Koran Bekas

Sebarkan artikel ini
Miniatur Menarik Dari Koran Bekas

BANDUNG, (CAMEON) – Dedi Cahyadi (38), menyulap sejumlah koran bekas menjadi sebuah kerajinan tangan yang sangat indah. Dari tangan dinginnya, pria asal Kota Kembang ini membuat sejumlah miniatur-miniatur menarik.

Tak percaya? Tengoklah, beberapa miniatur yang ia buat diantaranya, mulai dari miniatur motor, mobil, bunga, pohon, hewan bahkan figur menusia. Dedi menamakan produknya ini Kreatif Art Papers.

“Sebenarnya ini baru dimulai tahun 2015 lalu, karena kita tahun sampah bisa menjadi sumber bencana juga seperti banjir, karena itu saya manfaatkan menjadi karya,” kata Dedi, di Jalan Diponegoro, Kota Bandung.

Kendati ini hanya berupa miniatur, namun jangan salah. Soal detail dan ukuran, Dedi memperhatikan betul rancangan dan bentuk yang hampir mirip dengan aslinya. Motor misalnya, ia pun memasang lengkap seperti onderdil, knalpot hingga shock breaker.

“Saya sebenarnya tidak ada latar pendidikan di bidang seni, tapi saya memang sudah hobi melukis dari dulu,” ujarnya.

Dedi melihat ada celah pasar yang luas dari kerajinan koran bekas ini. Menurut dia, saingannya belum terlalu banyak. Tak hanya di Bandung, sejauh ini karyanya pun sudah merambah ke Yogyakarta.

“Ada rencana juga dijual ke Brunei dan Malaysia. Sekarang masih proses negosiasi saja,” tutur pria yang juga bekerja di bank ini.

Dia katakan, untuk menbuat satu karya menghabiskan waktu dua jam hingga satu hari. Selama ini dia kerjakan sendiri tanpa bantuan dari siapapun.

Kendalanya itu, SDM (Sumber Daya Manusia) yang bisa membuat karya dari koran bekas ini sedikit. Padahal ini sebenarnya boleh saya bilang menjanjikan,” ucapnya.

Dedi juga bersedia memberikan pelatihan kepada masyarakat yang berminat membuat karya dari kertas koran bekas secara cuma-cuma. Sebab semangat dia membuat miniatur ini tak sekadar mencari rupiah, melaikan memiliki misi juga mengurangi timbunan sampah, khususnya di Kota Bandung.

“Kalau harga dari mulai Rp. 25 ribu sampai Rp. 100 ribu. Kalau ada yang mau beli bisa melalui Facebook Galeri Kreatif Art Papers atau lewat Instagram di kreatifartpapers_bandung,” pungkasnya. (okky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *