Info & Tips

Manfaat Apel dalam Mengontrol Kolesterol Secara Alami

598
×

Manfaat Apel dalam Mengontrol Kolesterol Secara Alami

Sebarkan artikel ini
ilustrasi net

CAKRAWALAMEDIA – Apel adalah salah satu buah yang dapat membantu mengontrol kolesterol secara alami.

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit serius, seperti serangan jantung dan stroke.

Mengutip Harvard Medical School, kadar kolesterol tinggi utamanya disebabkan oleh asupan tinggi lemak jenuh.

Makanan tinggi lemak jenuh yang menjadi penyebab kolesterol tinggi termasuk daging merah, makanan yang digoreng, daging olahan, dan makanan yang dipanggang.

Bagaimana buah apel bermanfaat mengontrol kadar kolesterol? Mengutip Very Well Health, sebagian besar penelitian tidak secara langsung meneliti efek apel utuh, tetapi lebih pada pola makan yang dilengkapi dengan komponen sehat seperti pektin, polifenol, fitosterol, atau kombinasi dari semuanya.

Sebagian besar penelitian dilakukan pada tikus yang menjalani diet tinggi kolesterol, dan hanya sedikit penelitian yang dilakukan pada manusia.

Buah apel adalah sumber pektin dan polifenol, sehingga ada manfaat buah apel dalam mengontrol kadar kolesterol.

Pektin adalah serat larut yang juga dikenal sebagai prebiotik yang mendorong pertumbuhan dan aktivitas bakteri menguntungkan di usus, seperti dikutip dari Health.

Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa dua buah apel berukuran sedang (masing-masing 6 ons) mampu menurunkan kolesterol total hingga 10 persen dan meningkatkan kolesterol HDL sekitar 10 persen.

Kolesterol HDL (high density lipoprotein) adalah jenis kolesterol baik yang membantu mengeluarkan kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL) dari tubuh.

Dalam penelitian pada manusia, mengonsumsi dua hingga tiga apel berukuran sedang menghasilkan penurunan kadar kolesterol total antara 5 persen dan 13 persen.

Kadar kolesterol LDL diturunkan setidaknya 7 persen dalam beberapa penelitian dan kadar HDL meningkat hingga 12 persen.

Studi menemukan bahwa kandungan buah apel yang paling mungkin berkontribusi terhadap kontrol kadar kolesterol adalah pektin dan polifenol.

Meskipun Anda perlu makan hingga dua atau tiga buah apel berukuran sedang sehari untuk melihat perubahan yang signifikan, apel tetap merupakan makanan yang baik untuk dimasukkan dalam diet penurun kolesterol.

Buah lainnya yang membantu mengontrol kolesterol Selain apel, ada beberapa buah lain yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Mengutip Hindustan Times, berikut beberapa buah pengontrol kolesterol lainnya:

  1. Pisang: Serat dan potasium pada pisang mampu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.
  2. Buah beri: Buah beri seperti blackberry dan strawberry telah menunjukkan hasil dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Buah-buah ini mencegah kolesterol LDL teroksidasi, yang diyakini menjadi faktor risiko utama penyakit jantung.
  3. Nanas: Nanas merupakan sumber vitamin, mineral, dan nutrisi yang baik. Bromelain yang terdapat dalam nanas memecah timbunan kolesterol di arteri, yang mendukung aliran darah yang sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung.
  4. Alpukat: Alpukat kaya akan asam oleat, yang membantu mengatasi kolesterol jahat dalam aliran darah. Alpukat dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan salad, isi sandwich, dan smoothie.

Daftar buah ini bisa menjadi alternatif dalam pola makan sehat untuk mengontrol kadar kolesterol secara alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *