Jawa Barat

Harapkan Guru Berjiwa Profesional, Disdikbudpora Pangandaran Gelar PIGP

49
×

Harapkan Guru Berjiwa Profesional, Disdikbudpora Pangandaran Gelar PIGP

Sebarkan artikel ini
Harapkan Guru Berjiwa Profesional, Disdikbudpora Pangandaran Gelar PIGP

PANGANDARAN, (CAMEON) – Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten Pangandaran menggelar kegiatan Program Induksi Guru Pemula ( PIGP ). Progam tersebut digelar karena mengacu pada peraturan Permendiknas No. 27 Tahun 2010, yang diharapkan bagi para guru pemula, baik di sekolah dari tingkatan SD hingga tingkatan SMA agar memiliki jiwa pendidik yang professional.

Kepala Dinas Disdikbudpora Kabupaten Pangandaran Sobar Sugema mengatakan kegiatan PIGP ini sangat penting untuk dilaksanakan oleh para guru pemula. “Program PIGP ini merupakan kegiatan orientasi pelatihan ditempat kerja,” ujarnya.

Selain itu, tambah Sobar, program pemerintah ini upaya pengembangan dan praktik pemecahan berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran. “Ini merupakan bimbingan dan konseling bagi guru pemula pada sekolah maupun madrasah di tempat dia ditugaskan,” tambahnya.

Sobar menjelaskan, di Kabupaten Pangandaran sendiri, kegiatan PIGP diikuti 90 peserta, terbagi dari 24 Guru SD, 22 guru SMP, 23 guru SMA dan 21 guru SMK. “Saya berharap dengan terlaksananya acara PIGP ini, para guru yang saat ini sebagai peserta, mampu mengikuti kegiatan pelatihan PIGP ini, selain itu juga bisa untuk beradaftasi dengan iklim kerja dan budaya di sekolah,” harapnya.

“Peserta berkewajiban sebagai Guru Pemula, dengan  merencanakan pembelajaran, bimbingan dan konseling yang bermutu, menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran dan bimbingan serta melaksanakan perbaikan dan pengayaan,” Katanya.

Sobar menambahkan, selain itu para peserta mampu melaksanakan pembelajaran sekitar 12 hingga 18 jam tatap muka perminggu bagi guru mata pelajaran, atau beban bimbingan antara 75 hingga 100 peserta didik bagi guru bimbingan dan konseling.          “Kompetensi yang dinilai dalam PIGP adalah kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial, dan kompetensi profesional,” pungkasnya. cakrawalamedia.co.id (Andriansyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *