News

Belum Terlambat, Masih Ada Kesempatan Untuk Berkurban

81
×

Belum Terlambat, Masih Ada Kesempatan Untuk Berkurban

Sebarkan artikel ini
Belum Terlambat, Masih Ada Kesempatan Untuk Berkurban

BANDUNG, (CAMEON) – Salah satu keistimewaan Idul Adha atau Idul Qurban adalah rentang waktu untuk ritual ibadah ini beberapa hari. Hingga tiga hari setelah shalat Ied, umat muslimin masih bisa melaksanakan qurban.

Bidang Kemitraan PKPU Bandung Alam Mahardhika menjelaskan, aqiqah dan qurban memiliki kedudukan hukum yang sama yaitu sunnah muakkadah sehingga tetap sah mereka yang berkurban walaupun belum aqiqah.

“Mari berqurban karena tahun depan belum tentu masih diberi kesempatan,” ajak Alam, kepada CAMEON, Rabu (14/9/2016).

Adapun bagi umat muslimin yang belum berqurban, ia menjelaskan, masih ada waktu sampai hari Kamis (15/9/2016). Pihaknya juga siap memfasilitasi umat muslimin untuk melakukan ibadah ini.

“PKPU Bandung masih terima titipan Qurban 1437 H. Domba sekitar Rp. 2,2 Juta (untuk satu orang). Dan sapi sekitar Rp 15,4 Juta (untuk 7 orang). Bagi yang mau menitipkan, maksimal besok (Kamis) jam 9 pagi ya,” ujarnya.

Dijelaskan Alam, PKPU memiliki program Sebar Qurban Nusantara dengan Tagline “Qurbanmu Kendaraanmu.” Program ini merupakan salah satu program Qurban PKPU.

PKPU memfasilitasi para Mudhohy (Pequrban) dalam pelaksanaan ibadah qurban yang disalurkan ke seluruh pelosok negeri yaitu daerah-daerah marjinal, rawan gizi dan komunitas yang tergolong masyarakat sangat miskin.

“Ketaatan Nabi Ibrahim AS mengajarkan kita untuk ikhlas dalam memenuhi perintahNya. Begitu pula saat kita mau menunaikannya, maka berqurban menjadi “Kendaraan” yang akan mengantar kita menuju jannah,” ujarnya.

Ia kemudian mengutip salah satu ayat Al Quran, Al-Kautsar/108:1-3). “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.”

“Bukanlah hewan qurban yang akan mengantarkan kita, melainkan ketulusan dan keikhlasan kita untuk melaksanakannya,” imbuhnya.

Sejak lembaga ini berdiri, PKPU sudah terbukti dan teruji menjalankan amanah dengan penuh integritas dan professional. Diantaranya yang dilakukan lembaga ini, mampu menjangkau lokasi terpencil.

Lokasi distribusi, kata dia, difokuskan pada daerah kumuh miskin, pelosok nusantara dan daerah bencana baik di dalam maupun luar negeri. “Kami mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia, dari Aceh hingga Papua,” ujarnya.

PKPU yang berpengalaman sejak tahun 2000 dengan kantor cabang, perwakilan dan relawan di seluruh propinsi Indonesia dan luar negeri menjadi pilihan tepat. Apalagi, PKPU ikut memberdayakan peternak lokal di daerah.

“Hewan qurban disembelih sesuai aturan syariat dan langsung dibagikan pada hari itu juga. Dan, PKPU juga memberikan laporan distribusi qurban,” bebernya. cakrawalamedia.co.id (Ginan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *