Khazanah

Waktu Salat Tasikmalaya dan Keutamaan Berjamaah

1891
×

Waktu Salat Tasikmalaya dan Keutamaan Berjamaah

Sebarkan artikel ini
ilustrasi

KOTA TASIKMALAYA  (CM) – Salat diakui sebagai tiang agama, sebagaimana disampaikan dalam hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Baihaqi: “Salat itu adalah tiang agama (Islam), maka barangsiapa mendirikannya maka telah mendirikan agama dan barangsiapa meninggalkannya, maka sungguh ia telah merubuhkan agama.”

Sebagai seorang muslim, kita diwajibkan melaksanakan salat lima waktu dalam sehari, yang juga merupakan rukun Islam ke dua.

Berikut adalah jadwal salat untuk wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya pada Selasa, 21 November 2023:

Salat Subuh: 03.59 WIB
Salat Zuhur: 11.35 WIB
Salat Asar: 14.45 WIB
Salat Magrib: 17.48 WIB
Salat Isya: 19.01 WIB

Dalam melaksanakan salat, terdapat dua keutamaan, yaitu melaksanakannya tepat waktu dan di masjid. Seperti yang disebutkan dalam kitab Bulughul Maram karya Ibnu Hajar al-Asqalani, “Dari Ibnu Mas’ud dia berkata: Rasulullah Saw bersabda: Amalan yang paling afdhal adalah mendirikan shalat (lima waktu) di awal waktu” (Hadits Riwayat Imam Tirmidzi).

Di sisi lain, memakmurkan masjid juga memiliki keutamaan, sebagaimana disebutkan dalam Surat At-Taubah ayat 18, “Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat.”

Semoga jadwal salat yang disajikan dapat menjadi panduan untuk mengingatkan Anda tentang waktu salat. Marilah kita bersama-sama menjaga ketaatan dalam melaksanakan ibadah salat, karena salat bukan hanya kewajiban, tetapi juga merupakan bentuk penghormatan dan ketaatan kepada Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *