Info & Tips

Resep Telur Bumbu Rujak: Lauk Makan Sahur yang Praktis

305
×

Resep Telur Bumbu Rujak: Lauk Makan Sahur yang Praktis

Sebarkan artikel ini

(CM) – Makan sahur adalah bagian penting dalam menjalankan ibadah puasa. Salah satu menu yang praktis dan lezat untuk sahur adalah Telur Bumbu Rujak. Dengan bumbu yang khas dan cita rasa yang menggugah selera, telur bumbu rujak dapat menjadi pilihan yang sempurna untuk menemani santapan sahur Anda. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat Telur Bumbu Rujak:

Bahan-bahan:
– Telur, 5 butir
– Bawang merah, 5 siung (iris tipis)
– Bawang putih, 3 siung (cincang halus)
– Cabai merah, 3 buah (iris tipis)
– Kecap manis, 2 sendok makan
– Gula merah, 1 potong kecil (serut)
– Air, 200 ml
– Garam secukupnya
– Minyak untuk menumis

Langkah-langkah:

1. **Rebus Telur:** Rebus telur dalam air mendidih hingga matang sempurna, sekitar 10-12 menit. Setelah matang, tiriskan telur dan kupas kulitnya. Potong telur menjadi dua bagian dan sisihkan.

2. **Tumis Bumbu:** Panaskan sedikit minyak dalam wajan. Tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai merah hingga harum dan berubah warna.

3. **Tambahkan Bahan lain:** Setelah bumbu harum, tambahkan kecap manis, gula merah yang telah diserut, air, dan garam secukupnya. Aduk rata dan biarkan mendidih.

4. **Masukkan Telur:** Setelah bumbu mendidih, masukkan potongan telur ke dalam wajan. Biarkan telur terendam dalam bumbu.

5. **Biarkan Matang:** Biarkan telur dan bumbu mendidih bersama-sama dalam wajan selama beberapa menit agar telur meresap bumbu dengan baik.

6. **Sajikan:** Setelah telur matang dan bumbu meresap, angkat telur bumbu rujak dari wajan dan sajikan dalam piring saji.

7. **Hidangkan:** Telur bumbu rujak siap disajikan sebagai lauk makan sahur. Anda bisa menikmatinya dengan nasi hangat atau sebagai pelengkap untuk hidangan sahur lainnya.

Telur Bumbu Rujak adalah pilihan yang praktis dan lezat untuk sahur Anda. Dengan resep yang sederhana ini, Anda dapat menyiapkan hidangan yang lezat dan bergizi untuk menjaga energi Anda selama menjalankan ibadah puasa. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *