Kesehatan

Pohon Korejat Ampuh Mengobati Penyakit Mata dan Sakit Gigi

688
×

Pohon Korejat Ampuh Mengobati Penyakit Mata dan Sakit Gigi

Sebarkan artikel ini
Pohon Korejat Ampuh Mengobati Penyakit Mata dan Sakit Gigi
Gambar pohon korejat

TASIKMALAYA (CM) – Pohon korejat yang bernama latin Isotoma longifora memiliki banyak nama yang berbeda di daerah. Misalnya saja di daerah sunda namanya pohon tolod, kebanyakan orang Jawa menyebut Sangkobak sedangkan di daerah lainnya disebut Kendali.

Masyarakat sering menganggap pohon korejat sebagai gulma karena tumbuh liar di tempat yang cukup lembab seperti di sekitar aliran air, pagar, selokan, bebatuan, pinggiran sawah dll.

Namun dibalik habitatnya yang liar, pohon korejat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sebut saja misalnya bunga korejat bisa digunakan untuk mengobati mata minus, rabun, katarak dan mata plus.

Daun korejat juga ternyata telah lama dimanfaatkan untuk pengobatan sakit gigi, luka, diabetes, bronchitis, asma, radang tenggorokan, bahkan kanker.

BACA : Amankah Ibu Hamil Mengkonsumsi Minuman Kolagen?

Pohon korejat termasuk dari keluarga Campanulaceae, berasal dari Hindia Barat. Ciri-cirinya adalah memiliki daun berwajna hijau tua dan bergerigi pada ujungnya. Panjang daunnya sekitar 5-17 cm dengan lebar mencapai 3 cm. Biasanya mengeluarkan bunga tunggal yang berdiri tegak berwarna putih dengan bentuk mahkota menyerupai bintang.

Mengobati Mata dengan Bunga Pohon Korejat

Air bunga korejat menjadi obat tetes alami meski terasa pedih di mata, misalnya pada orang yang menderita katarak. Jika Anda ingin hasilnya maksimal, pengobatan dengan tetes air bunga korejat dapat dilakukan tiga sampai empat kali sehari. Berikut cara menggunakan bunga pohon korejat untuk mengobati penyakit mata:

  1. Petik tiga bunga korejat lalu dicuci sampai bersih
  2. Celupkan bunga tersebut pada segelas air bersih, beberapa menit
  3. Ambil bunga korejat yang sudah berair di dalamnya
  4. Teteskan pada mata Anda

Beberapa penelitian mengenai manfaat pohon korejat telah dipublikasikan di beberapa jurnal ilmiah. Berikut beberapa manfaat atau khasiat pohon korejat atau pohon tolod selain untuk mengobati penyakit mata dan sakit gigi:

  • Baik untuk mata. Daun korejat berkhasiat ampuh untuk menyehatkan mata. Mengandung beberapa jenis senyawa yang bisa menjadi sumber nutrisi untuk mata yang sehat dan jernih.
  • Obat sakit gigi. Membantu meredkan sakit gigi. Daun ini akan menghilangkan rasa nyeri pada gigi secara perlahan sehingga tidak merusak struktur gigi.
  • Mengatasi asma. Bisa dicoba secara rutin. Daun ini akan dengan ampuh mengatasi asma, agar tidak sering kambuh.
  • Obat radang tenggorokan. Radang pada saluran antara mulut dan lambung ini lebih sering mengalami bengkak karena menjadi saluran penghubung pencernaan yang sering dilewati makanan.
  • Anti kanker. Daun korejat akan membantu tubuh Anda lebih sehat dan kebal dari serangan penyakit kanker. daun ini mempunyai sifat anti kanker yang cukup tinggi untuk kesehatan sel tubuh Anda.
  • Membantu penyembuhan luka. Membantu penyembuhan pada kulit yang terluka. Kelebihan daun korejat dapat dijadikan obat luar yang mempercepat pemulihan dan pengeringan kulit yang terluka.
  • Anti katarak. Selain meyehatkan mata, daun korejat akan menjaga mata Anda dari penyakit mata seperti katarak. Siapa duga jika daun korejat bisa Anda jadikan gerbal ampuh untuk menyingkirkan katarak.
  • Mencegah radikal bebas. Cegah radikal bebas mulai sekarang dengan menggunakan daun korejat. Kandungan anti oksidan yang tinggi dalam daun korejat akan membuat Anda terbebas dari efek buruk yang diakibatkan radikal bebas.
  • Menyehatkan gigi. Daun korejat banyak manfaatnya untuk kesehatan gigi., mulai dari menguatkannya sampai melindunginya dari serangan kuman.
  • Baik untuk kesehatan pernafasan. Pernafasan yang sehat akan membuat organ pernafasan lebih sehat dan berfungsi maksimal. Anda bisa mencoba daun korejat agar pernafasan lebih lega dan terhindar dari penyakit.
  • Obat tetes mata.
  • Mencegah penyakit rabun.
  • Meningkatkan penglihatan.
  • Anti bakteri alami.
  • Mengatasi gangguan pernafasan.

Efek Samping Pohon Korejat

Meskipun tanaman korejat banyak manfaatnya untuk berbagai pengobatan tubuh manusia, tetapi beberapa pakar dan peneliti tumbuhan mengungkapkan memakai atau mengkonsumsi tanaman korejat terlalu sering dan berlebihan sangat tidak baik, karena getah pada tanaman korejat mengandung zat beracun.

Gunakan tanaman korejat sesuai dosis seperti pada pengobatan mata minus. Maksimal dalam sehari penggunaan jangan lebih dari tiga bunga atau tiga lembar daun, takarannya tidak berlebih dan gunakan dengan bijak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *