Info & Tips

Mengenal Lebih Dalam, Gejala Diabetes yang Sering Terlewatkan

399
×

Mengenal Lebih Dalam, Gejala Diabetes yang Sering Terlewatkan

Sebarkan artikel ini

(CM) – Diabetes mellitus, atau lebih dikenal sebagai diabetes, merupakan penyakit yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur kadar gula darah. Gejala diabetes tidak selalu terlihat dengan jelas, dan banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka memiliki kondisi ini. Mempahami gejala yang jarang disadari dapat membantu dalam deteksi dini dan pengelolaan penyakit ini. Berikut adalah beberapa gejala diabetes yang mungkin sering terlewatkan:

**1. Sering Kencing (Poliuria):**
– Sering buang air kecil atau memiliki kebutuhan untuk buang air kecil di malam hari bisa menjadi tanda diabetes. Tubuh mencoba mengeluarkan kelebihan glukosa melalui urine.

**2. Haus yang Berlebihan (Polifagia):**
– Rasa haus yang terus-menerus dan tidak wajar bisa menjadi indikator adanya masalah dengan kadar gula darah. Tubuh bereaksi terhadap dehidrasi yang terkait dengan poliuria.

**3. Penurunan Berat Badan yang Tidak Diinginkan:**
– Meskipun tidak semua orang dengan diabetes mengalami penurunan berat badan, beberapa orang mengalami penurunan berat badan yang tidak diinginkan karena tubuh kehilangan energi dalam bentuk glukosa melalui urine.

**4. Kelelahan yang Berlebihan:**
– Kelelahan yang konstan dan tidak wajar bisa menjadi tanda diabetes. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kelelahan karena sel-sel tubuh tidak mendapatkan cukup energi.

**5. Penglihatan Kabur:**
– Diabetes dapat mempengaruhi pembuluh darah dan saraf pada mata, menyebabkan masalah penglihatan. Penglihatan kabur atau sulit fokus dapat menjadi gejala awal diabetes.

**6. Luka yang Sulit Sembuh:**
– Penyembuhan luka yang lambat atau infeksi yang sering kembali dapat menjadi tanda diabetes. Gula darah tinggi dapat menghambat kemampuan tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri.

**7. Infeksi yang Sering Kembali:**
– Orang dengan diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami infeksi, seperti infeksi saluran kemih, infeksi kulit, atau infeksi jamur.

**8. Kesemutan atau Kribbling di Tangan dan Kaki:**
– Kerusakan saraf yang disebabkan oleh diabetes dapat menyebabkan sensasi kesemutan atau kribbling di tangan dan kaki, yang dikenal sebagai neuropati.

**9. Bau Napas yang Tidak Wajar:**
– Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan bau napas yang tidak biasa atau mirip dengan bau buah-buahan yang manis.

**10. Gangguan Fungsi Seksual:**
– Diabetes dapat menyebabkan gangguan fungsi seksual pada pria dan wanita. Pria mungkin mengalami disfungsi ereksi, sedangkan wanita dapat mengalami masalah pada organ reproduksi.

Penting untuk diingat bahwa gejala diabetes dapat bervariasi dari satu individu ke individu lain. Jika Anda mengalami satu atau beberapa gejala ini, segera konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk penilaian lebih lanjut dan diagnosis yang akurat. Deteksi dini dan manajemen diabetes sangat penting untuk mencegah komplikasi yang lebih serius.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *