News

Libur Idul Adha 2025, 50 Ribu Lebih Penumpang Gunakan Kereta dari Daop 2 Bandun

169
×

Libur Idul Adha 2025, 50 Ribu Lebih Penumpang Gunakan Kereta dari Daop 2 Bandun

Sebarkan artikel ini

BANDUNG (CM) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung mencatat adanya lonjakan signifikan jumlah penumpang selama libur Idul Adha 2025. Total sebanyak 50.856 pelanggan tercatat menggunakan layanan kereta api pada Kamis 5 Juni 2025 dan Jumat 6 Juni 2025, yang merupakan H-1 dan hari H Lebaran.

Manager Humas KAI Daop 2 Bandung, Kuswardojo, menyebutkan bahwa pada H-1 Idul Adha saja, jumlah pelanggan mencapai 30.858 orang, sementara pada hari H sebanyak 19.998 pelanggan melakukan perjalanan dari wilayah Daop 2.

“Lonjakan terjadi khususnya pada H-1, dengan okupansi mencapai 138,9% dari total 22.060 tempat duduk yang tersedia. Hal ini dimungkinkan berkat sistem okupansi dinamis dari penumpang yang turun dan naik di berbagai stasiun tujuan di sepanjang lintasan kereta,” jelas Kuswardojo dalam keterangan resminya.

Tingginya angka penggunaan jasa kereta api pada periode libur ini dinilai sebagai indikator meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi KA yang dinilai aman, nyaman, dan tepat waktu.

Baca juga: Libur Idul Adha 2025, KAI Daop 2 Sediakan 135 Ribu Kursi dan Dua KA Tambahan

Untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang, KAI Daop 2 Bandung telah menyiapkan sarana tambahan dan menurunkan seluruh petugas operasional di stasiun dan dalam kereta. Langkah ini diambil demi memastikan kelancaran dan keamanan selama periode libur panjang.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang telah memilih kereta api sebagai moda transportasi untuk merayakan Idul Adha bersama keluarga. Kami juga mengoperasikan KA tambahan untuk mengakomodasi tingginya permintaan selama masa liburan,” ujar Kuswardojo.

Data hingga Jumat (6/6) mencatat bahwa total 109.326 pelanggan telah mengantongi tiket keberangkatan dari Daop 2 Bandung selama periode libur 5–10 Juni 2025, dengan tingkat okupansi rata-rata 80,9% dari 135.072 kursi yang tersedia.

Menutup pernyataannya, Kuswardojo mengimbau seluruh pelanggan untuk datang lebih awal ke stasiun dan selalu mengutamakan keselamatan serta kenyamanan selama perjalanan.

“Untuk pembelian tiket, masyarakat dapat mengakses aplikasi Access by KAI, situs booking.kai.id, maupun mitra resmi penjualan lainnya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *