News

Atasi Kebutuhan Darah, Puskesmas Kawalu Bentuk Forum Donor Darah

169
×

Atasi Kebutuhan Darah, Puskesmas Kawalu Bentuk Forum Donor Darah

Sebarkan artikel ini
Atasi Kebutuhan Darah, Puskesmas Kawalu Bentuk Forum Donor Darah
Dok Foto Puskesmas Kawalu

KOTA TASIKMALAYA (CM) – UPTD Puskesmas Kawalu Kota Tasikmalaya bekerjasama dengan Karang Taruna yang berada di wilayah Kecamatan Kawalu, membentuk Forum Donor Darah (FDD) untuk memudahkan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan darah.

Hal ini terinspirasi dari masih tingginya angka kematian ibu dan bayi akibat perdarahan saat persalinan. Diharapkan dengan adanya FDD bisa membantu memudahkan para ibu yang membutuhkan darah saat persalinan.

BACA : Puskesmas Urug Targetkan Predikat Terbaik di Tingkat Jabar

Kepala Puskesmas Kawalu, H. Asep Hermawan, SKM. MM.Kes. mengatakan, latarbelakang pembentukan FDD yang berada di setiap kecamatan ini karena masih ada banyak kasus kematian ibu dan bayi saat melahirkan.

“Untuk itu, kita coba galang kemitraan dengan menggandeng Karang Taruna dalam gerakan ini, pihak Katar diharap bisa menggandeng masyarakat lainnya untuk turut aktif dalam forum donor darah ini,” terangnya usai kegiatan sosialisasi dan pembentukan FDD, di Kelurahan Karsamenak, Rabu (22/09/2021).

Asep menambahkan, jika ada masyarakat yang membutuhkan darah bisa menghubungi Forum Donor Darah. Pihak terkait akan mencatat setiap kebutuhan donor dan mencocokan dengan data pendonor yang tersedia untuk dihubungi. Sehingga dengan begitu, bisa lebih cepat teratasi.

“Kalau sudah ada data By Name By Adress, mereka akan lebih mudah mengkoordinirnya,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Kecamatan Kawalu, Dr. Rusani Jaelani, Drs, M. Pd mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah dijalin antara Puskesmas Kawalu dengan Karang Taruna Kelurahan Karsamenak melalui pembentukan Forum Donor Darah.

“Mudah-mudahan pembentukan Forum Donor Darah ini pun memperkuat tentang penjabaran nilai-nilai kemanusiaan untuk masyarakat di sekitarnya,” tandasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *