Olahraga

Timnas U-23 Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23 Setelah Adu Penalti Dramatis melawan Korea Selatan

1466
×

Timnas U-23 Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23 Setelah Adu Penalti Dramatis melawan Korea Selatan

Sebarkan artikel ini

QATAR (CM) – Timnas U-23 Indonesia berhasil mengamankan tiket ke semifinal setelah meraih kemenangan dalam babak adu penalti melawan Korea Selatan pada pertandingan perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Jumat 26 April dini hari WIB.

Pelatih Shin Tae-yong membuat dua perubahan dalam susunan pemain Timnas U-23 Indonesia dengan menggunakan formasi 3-4-3. Komang Teguh, yang sebelumnya mencetak gol pada pertandingan melawan Yordania di fase grup, dimasukkan sebagai starter. Pemain belakang Borneo FC ini menggantikan Muhammad Ferarri. Sementara itu, bek Rio Fahmi dari Persija Jakarta menggantikan Fajar Fathurrahman di posisi wing back kanan.

Pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu setelah kedua tim gagal mencetak gol dalam 90 menit regulasi. Timnas U-23 Indonesia mendominasi penguasaan bola pada paruh pertama perpanjangan waktu, namun tidak mampu menciptakan peluang berarti.

Skor tetap imbang 2-2 setelah 15 menit pertama perpanjangan waktu. Pada paruh kedua perpanjangan waktu, Timnas U-23 Indonesia kembali mendominasi permainan dan mendapat peluang emas melalui tendangan jarak jauh Justin Hubner, namun bola berhasil ditepis oleh kiper Korea Selatan.

Upaya dari Jeam Kelly Sroyer dan Nathan Tjoe-A-On juga tidak membuahkan hasil. Ramadhan Sananta hampir membawa keunggulan bagi Timnas U-23 Indonesia dengan sundulan ke arah gawang lawan, namun bola melambung di atas mistar.

Setelah 120 menit permainan berakhir tanpa gol tambahan, pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti. Kim Min-woo membuka skor untuk Korea Selatan, diikuti oleh gol penyeimbang dari Ramadhan Sananta untuk Timnas U-23 Indonesia.

Adalah Pratama Arhan yang membuat skor tetap seimbang hingga akhir adu penalti dengan tendangan yang berhasil masuk ke gawang Korea Selatan. Timnas U-23 Indonesia akhirnya memastikan kemenangan 11-10 setelah Pratama Arhan sukses mencetak gol penentu yang tidak mampu dihalau oleh kiper Korea Selatan.