NewsTasikmalaya

Ribuan Pelanggaran Pemasangan APK, Panwascam Purbaratu Intensifkan Pengawasan

207
×

Ribuan Pelanggaran Pemasangan APK, Panwascam Purbaratu Intensifkan Pengawasan

Sebarkan artikel ini

KOTA TASIK (CM) – Menjelang Pemilihan Umum 2024, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Purbaratu Kota Tasikmalaya mencatat total pelanggaran keseluruhan mencapai 1.092, sehingga memutuskan untuk mengintensifkan pengawasan terhadap pelaksanaan kampanye.

Ketua Panwascam Purbaratu, Ayi Mansur, S.Pd.I, mengungkapkan bahwa pemasangan APK merupakan salah satu objek pengawasan Pemilu yang dilakukan Panwascam Purbaratu.

Ia juga menyoroti beberapa metode kampanye yang akan menjadi fokus pengawasan, termasuk kampanye dalam bentuk rapat pertemuan terbatas dan tatap muka yang dilaksanakan di rumah-rumah.

Sejak sebelum masa kampanye dimulai, Panwascam Purbaratu telah aktif berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tasikmalaya untuk mengoordinasikan pelanggaran terhadap Bahan dan Alat Peraga Kampanye (APK).

BACA JUGA: Uniknya Warga Tasikmalaya Ajak Caleg PKS Makan Siang

Dalam upaya meminimalisir pelanggaran kampanye, Panwascam Purbaratu telah melakukan langkah-langkah pencegahan sejak dini. Imbauan kepada partai politik tentang pelaksanaan kampanye sesuai dengan ketentuan peraturan-undangan yang berlaku telah dikeluarkan sebelum tahapan kampanye dimulai.

Ayi menambahkan bahwa sinergi dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan pemilu di wilayah hukum Kecamatan Purbaratu juga menjadi bagian dari strategi pengawasan yang dilakukan.

Ia mengimbau kepada seluruh peserta Pemilu agar melaksanakan kampanye sesuai peraturan-undangan yang berlaku.

“Kita mengimbau untuk tidak menciptakan situasi, tidak melakukan intimidasi, tidak menyampaikan berita bohong, apalagi menjelekkan calon orang lain,” katanya.

Selain itu, netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi fokus dalam pengawasan utama. Setiap pelanggaran akan dikenakan sanksi administratif hingga sanksi pidana.

Ayi menambahkan bahwa dengan langkah-langkah ini, Panwascam Purbaratu berkomitmen untuk menciptakan Pemilu 2024 yang bersih, transparan, dan berintegritas serta menjaga netralitas ASN demi terwujudnya proses demokratis yang adil dan berkeadilan.

“Dengan langkah-langkah preventif yang kita lakukan dalam pengawasan diharapkan mampu menciptakan lingkungan kampanye yang sehat, menaati aturan, menjaga integritas Pemilu, dan menjamin suksesnya proses demokrasi,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *