Tasikmalaya

Peran Orang Tua Dalam Mengantisipasi Bahaya Narkoba

70
×

Peran Orang Tua Dalam Mengantisipasi Bahaya Narkoba

Sebarkan artikel ini
Peran Orang Tua Dalam Mengantisipasi Bahaya Narkoba

KOTA TASIKMALAYA, (CAMEON) – Dalam upaya mengantisipasi pengedaran dan penggunaan narkoba bagi masyarakat, Pemerintahan Kota Tasikmalaya yang bekerja sama dengan Granat (Gerakan Nasional Anti Narkotika) dan Polres Kota Tasikmalaya menggelar sosialisasi tentang bahaya narkoba di Aula Balai Kota Tasikmalaya, Rabu (29/6/2016). Dalam acara tersebut turut hadir para santri dan ulama se Kota Tasikmalaya.

Ketua Granat Kota Tasikmalaya, Asep Heru Rochimat menjelaskan, pemicu utama pengedaran dan pengguna narkoba bersumber dari orang yang tidak punya kegiatan, tidak punya pekerjaan, dan tidak mendapat pantauan dari orang tua. “Sebagian besar pemicu pengguna narkoba selain pengangguran dan kurangnya perhatian orang tua, juga pengaruh pergaulan bebas. Sehingga mereka jauh dari ajaran dan pendidikan agama,” tuturnya.

Bicara pengedaran narkoba, sambung Heru, hal itu tumbuh akibat tidak punya pekerjaan dan banyak kebutuhan. Akhirnya nekat menjadi kurir untuk mengantarkan sebuah bingkisan untuk diberikan ke seseorang yang di tujunya dengan iming-iming uang, hingga si pengangguran mengambil keputusan.

Di tempat yang sama, Kasat Narkoba Polres Kota Tasikmalaya, AKP Erustiana menjelaskan mereka terjerumus menjadi pengguna narkoba biasanya diawali dari iseng merokok dan minuman beralkohol. Kemudian merambat iseng pada narkoba dan tergiur dengan nilai rupiah. “Akhirnya, karena terdesak kebutuhan, mereka melakukan tindakan kriminalitas, tindakan asusila dan melakukan tindakan kriminalitas lainnya,” tandasnya.

Ia berharap dalam mengantisipasi kemungkinan bahaya narkoba terhadap anak-anak, tugas dan peran pemerintah sangatlah penting, terutama peran orang tua.

“Peran orang tua dalam hal ini harus ekstra perhatian. Orang tua harus mampu menjadi tempat penyandaran curhat anak-anaknya, sehingga unek-uneknya tersalurkan. Mudah-mudahan dengan cara seperti itu, mereka terhindar dari pikiran dan perbuatan negatif yang akan membahayakan dirinya,” pungkasnya. cakrawalamedia.co.id ( Edi Mulyana )

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *