BANDUNG (CM) – Dalam upaya menggenjot budaya parkir non tunai, Pemkot Kota Bandung meluncurkan aplikasi loyalitas pelanggan (SILOPE), Rabu (25/06/2018). Peluncuran dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Didi Riswandi.
Dalam kesempatan itu, Didi menyebutkan, ada beberapa fungsi yang bisa didapat masyarakat melalui aplikasi itu diantaranya, memperoleh informasi mengenai lokasi mana saja yang ada Tempat Parkir Elektronik (TPE). Selain itu, masyarakat juga bisa mendapat hadiah satu unit sepeda bagi yang paling banyak poin nge-tap atau parkir.
“Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa komplain seandainya ada masalah dengan pembayaran parkir di lapangan,” katanya. Didi mengatakan, aplikasi tersebut untuk menarik masyarakat agar beralih dari sistem bayar parkir tunai ke non tunai.
Sebab, ada reward atau hadiah bagi siapapun yang paling banyak poinnya. “Jika aplikasi ini berhasil di Bandung, bisa menjadi percontohan untuk nantinya dipakai se-Indonesia,”terangnya.
Sementara, Kepala Bidang Manajemen Transportasi Parkir, Asep Kurnia menerangkan, ada enam menu pilihan yang bisa ditemukan dalam aplikasi SILOPE. Misal, info lokasi TPE, daftar peraih poin tertinggi, layanan aduan masyarakat dan lain-lain.
“Caranya sangat mudah, masyarakat cukup mendownload aplikasi ini di google playstore secara gratis. Lalu log in. Jika sudah log in, kita bisa tahu nomor kendaraan kita sudah berapa poinnya,” jelas dia.
Poin tertinggi, lanjut Asep, akan mendapat hadiah sepeda. Penghitungan poinnya sendiri dihitung setiap per triwulan. “Kami harap pola kebiasaan masyarakat bisa berubah dari semula bayar parkir secara tunai menjadi non tunai di mesin parkir. Sehingga, gerakan non tunai yang dicanangkan Bank Indonesia bisa berjalan di Kota Bandung,” tandasnya. (Jay)