Tasikmalaya

Ciptakan Ketertiban Lalu Lintas, Polres Tasik Kota Gelar Deklarasi Safety Riding

80
×

Ciptakan Ketertiban Lalu Lintas, Polres Tasik Kota Gelar Deklarasi Safety Riding

Sebarkan artikel ini

KOTA TASIKMALAYA (CM) – Guna menciptakan ketertiban Lalulintas, Sat Lantas Polres Tasikmalaya Kota, menggelar acara deklarasi aman berkendara bersama komunitas motor Vespa dan mobil generasi milenial.

Wakapolres Tasikmalaya Kota, Kompol Widi Setiawan, mengatakan, kegiatan deklarasi ini ditujukan untuk mencegah dan menekan angka kecelakaan yang kerap terjadi lantaran tak dipatuhinya aturan lalu lintas oleh para pengendara motor dan mobil.

“Kami berharap dengan deklarasi Safety Riding bersama komunitas motor dan mobil generasi milenial ini, bisa tersampaikan kepada seluruh generasi muda dan juga lapisan masyarakat luas tentang bagaimana pentingnya aman berkendara,” terang Widi di hadapan anggota komunitas di Taman Kota, Tasikmalaya, Sabtu (19/1/2019).

Ia menambahkan, faktor kecelakaan sekarang ini sudah menjadi penyebab kematian dengan ranking lima yang disejajarkan bersama beberapa jenis penyakit ganas mematikan. Sehingga, Safety Riding ini sangat penting untuk dijadikan pendidikan aman berkendara dan mematuhi aturan lalu lintas bagi generasi muda.

Dengan demikian, “deklarasi aman berkendara ini diharapkan sebagai salah satu upaya sukses untuk menularkan cara aman berkendara terhadap anak muda. Apalagi, anak muda yang baru bisa berkendara motor dan mobil biasanya tak diimbangi oleh pengetahuan aturan Lalu Lintas di jalan raya. Apalagi tadi baru saja terjadi kecelakaan di Tanjakan Gentong yang menewaskan satu keluarga meninggal akibat kecelakaan, terjepit Truk bermuatan pasir. Berhati-hatilah berkendara di jalan raya dan patuhi aturan lalu lintas,” imbuhnya.

Sementara itu, Chinka Putri (22), seorang mahasiswa asal Pangandaran, mengatakan, imbauan aman berkendara oleh Kepolisian sangat bermanfaat. Apalagi, baru kali ini merupakan pertama kalinya ia berkendara memakai motor dengan jarak jauh, dari Pangandaran ke Kota Tasikmalaya.

“Aku rasa sangat bermanfaat sekali. Saya bisa lebih tahu dan lebih berhati-hati saat di jalan. Saya baru pertama lagi naik motor jarak jauh dari Pangandaran ke Kota Tasikmalaya,” jelas Chinka salah satu anggota komunitas Vespa.

Bersama teman-teman, kata Chinka, ia berjanji akan mematuhi dan membantu sosialisasi tata cara aman berkendara kepada anak muda lainnya. Dengan harapan, kesadaran aman berkendara di jalan raya bagi generasi muda menjadi niat utama saat akan berkendara di jalan raya.

“Begini saja, sadar aman berkendara itu berguna sekali karena buat keselamatan diri sendiri para pengendara. Juga, bagi keselamatan pengendara lainnya saat berada di jalan raya,” tandasnya. (Edi Mulyana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *