Kota Cimahi

Uchok: Sarankan DPRD Kota Cimahi Bentuk Pansus

48
×

Uchok: Sarankan DPRD Kota Cimahi Bentuk Pansus

Sebarkan artikel ini
Uchok: Sarankan DPRD Kota Cimahi Bentuk Pansus

CIMAHI, (CAMEON) – Pengamat Center for Budget Analysis, Uchok Sky Khadafi menyarankan DPRD Kota Cimahi membentuk Panitia Khusus untuk menangani permasalahan kerugian yang ditimbulkan Perusahaan Daerah Jati Mandiri (PDJM).

Menurutnya, dari audit yang dikeluarkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, potensi kerugian atas kinerja PDJM mencapai Rp 10,5 miliar.

“Dari audit BPK, sudah ada kerugian negara dan sudah halal untuk dijadikan kasus hukum ke kepolisian dan kejaksaan. Artinya, pansus dibentuk dewan untuk melengkapi laporan ke aparat hukum,” katanya, Sabtu (20/8/2016).

Dikatakannya, Pansus PDJM berguna agar bisa meminta keterangan sejelas-jelasnya dari seluruh pihak yang terlibat, termasuk unsur Pemkot Cimahi.

Sebab, total uang 10,5 miliar yang dikucurkan kepada PDJM merupakan uang rakyat Cimahi.

“Kasus PDJM ini susah diurai dengan pikiran jernih. Seperti ada kesengajaan dibuat kusut, seperti adanya kasus tanah,” katanya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Kota Cimahi, Santoso Anto menyatakan, pihaknya akan memanggil pihak-pihak terkait yang dianggap mengetahui penyertaan modal ke PDJM.

Sejak berdiri tahun 2006 silam, PDJM menerima Rp 53,3 miliar dari Pemkot Cimahi, namun penyertaan modal tersebut menyusut menjadi Rp 10,5 miliar menurut laporan BPK RI tahun 2015.

“31 Agustus mendatang kami akan panggil pihak-pihak terkait. Kami akan pelajari kenapa penyusutan modal ini bisa terjadi. BUMD ini kan sudah lama, jadi sudah beberapa kali pergantian direktur perusahaan atau Sekda, nah sekarang kami sedang menginvetarisir nama-nama yang mengetahuinya,” bebernya. cakrawalamedia.co.id (Rizki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *