Kota Cimahi

Tingkat Kemacetan di Kota Cimahi Diprediksi Meningkat Jelang Lebaran

71
×

Tingkat Kemacetan di Kota Cimahi Diprediksi Meningkat Jelang Lebaran

Sebarkan artikel ini
Tingkat Kemacetan di Kota Cimahi Diprediksi Meningkat Jelang Lebaran

CIMAHI, (CAMEON) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi memprediksi ada peningkatan arus pemudik sekitar 20 persen yang melintasi Kota Cimahi.

Kepala Bidang Lalulintas Dishub Kota Cimahi, Kosasih mengatakan, peningkatan arus mudik di Kota Cimahi diprediksi akan terjadi pada H-4 jelang lebaran. “Kemungkinan meningkat karena hampir 13 juta arus mudik akan melintasi jalur Jawa, termasuk Cimahi khususnya roda dua,” katanya, Selasa (21/6/2016).

Peningkatan arus mudik sendiri kata dia, dikarenakan Kota Cimahi ini merupakan daerah perlintasan dari luar kota yang akan menuju daerah selatan Jawa. “Iya kota perlintasan, terutama roda dua,” katanya.

Jika melihat volume kendaraan pemudik yang melintas di Kota Cimahi tahun lalu, lanjut Kosasih, bisa dikatakan lonjakannya sangat tinggi. Hal itu masuk akal, sebab Cimahi sendiri memang merupakan jalur alternatif bagi para pemudik, khususnya yang menggunakan roda dua. “Tahun kemaren 14 persen (peningkatan kendaraan),” terangnya.

Puncak arus mudik yang melintas di Cimahi sendiri, kata Kosasih, diprediksi akan terjadi pada H-3 sebelum lebaran. “Puncaknya H-4 dan -3,” ucapnya.

Untuk meminimalisir kepadatan kendaraan yang akan menyebabkan kemacetan, Dishub Kota Cimahi sendiri kemungkinan akan merekayasa jalan seperti tahun sebelumnya. “Rekayasa, kita situasional bagaimana kepadatan,” kata Kosasih.

Rekayasa atau pengalihan lalulintas sendiri biasanya diberlakukan di jalan yang ramai seperti daerah Alun-alun, Stasiun Cimahi, Pasar Antri dan Tagog. Untuk menyamankan para pemudik yang melewati Kota Cimahi, terang Kosasih, pihaknya juga akan menyiapkan beberapa pos. “Dua pos terpadu dan dua pos mobile,” katanya.

Pos terpadu akan ditempatkan di Alun-alun Kota Cimahi dan Kebon Kopi sedangkan pos mobile akan ditempatkan di Leuwi Gajah dan Sangkuriang.

Selain itu, Dishub juga akan menyiagakan puluhan petugas tetap Dishub Kota Cimahi yang akan diposisikan di tempat-tempat keramaian. “Personil 42. Fokus di tempat keramaian, titik-titik kemacetan,” terangnya.

Piihaknya akan bekerjasama dengan kepolisian di Kota Cimahi untuk mengatur lalulintas jelang lebaran nanti yang rawan kemacetan.

Selain itu Dishub Kota Cimahi juga akan menyediakan traficone untuk pembatas jalan yang akan difungsikan dari H-7 hinggal H-7. cakrawalamedia.co.id (Rizki)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *