Jawa Barat

Rayakan Munggahan, Pantai Karapyak Dipadati Wisatawan

94
×

Rayakan Munggahan, Pantai Karapyak Dipadati Wisatawan

Sebarkan artikel ini
Rayakan Munggahan, Pantai Karapyak Dipadati Wisatawan

PANGANDARAN, (CAMEON ) – Objek wisata Pantai Karapyak, di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dipadati wisatawan yang memanfaatkan waktu menjelang Ramadhan. Mereka datang beramai-ramai bersama keluarga dan kerabat dalam rangka menggelar tradisi ‘munggahan’.

Tradisi munggahan sendiri selalu dilakukan masyarakat di Kabupaten Pangandaran, menjelang datangnya bulan puasa. Munggahan biasa dilakukan dengan cara makan bersama keluarga atau kerabat, baik ditempat wisata atau di rumah masing-masing.

Berdasarkan pantauan cakrawalamedia.co.id Minggu (05/06), wisatawan lokal yang tersebar di berbagai Kecamatan di Kabupaten Pangandaran datang ke lokasi pantai Karapyak berbondong-bondong bersama kerabat dan keluarganya dengan menggunakan kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat, sambil membawa sejumlah bekal berupa makanan serta kayu untuk bakar ikan.

Salah seorang pengunjung, Sariman (42) warga Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran mengatakan, acara munggahan atau makan bersama keluarga di pantai sudah merupakan  ciri khas dalam menyambut bulan puasa. “Ini sudah menjadi tradisi, warga selalu memanfaatkan waktu munggahan ke pantai karapyak ini, karena di samping jaraknya relatif dekat, pantai wisata ini memiliki daya tarik tersendiri, ” ujarnya kepada cakrawalamedia.co.id disela-sela acara munggahan di Pantai Karapyak. Minggu (05/06).

Sariman menambahkan, lokasi untuk merayakan munggahan selain pantai Karapyak, ada juga tempat wisata yang ramai dikunjungi warga Pangandaran, di moment liburan jelang ramadhan ini. “Selain pantai ini (Karapyak), tempat yang dijadikan lokasi munggahan lainnya seperti, Citumang, Batu Hiu, Batu Karas dan Cagar Alam Pangandaran,” tambahnya.

Hal senada juga di ungkapkan wisatawan lainnya, Misno warga Rawa Apu Cilacap Jawa Tengah menyebutkan dirinya bersama keluarga sengaja berlibur atau merayakan munggahan di Pantai Karapyak karena jarak tempuhnya dekat. “Kami memilih pantai Karapyak karena jarak tempuhnya sangat dekat, 30 menit juga sudah sampai,” kata Misno.

“Besok kan sudah mulai berpuasa, jadi hari ini kami puas-puasin bermain dan makan bersama-sama keluarga,” pungkasnya. cakrawalamedia.co.id (Andriansyah)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *