Tasikmalaya

Polisi Jamin Mudik Tidak Akan Macet

71
×

Polisi Jamin Mudik Tidak Akan Macet

Sebarkan artikel ini
Polisi Jamin Mudik Tidak Akan Macet

TASIKMALAYA, (CAMEON) – Kurang dari satu bulan lagi memasuki bulan Puasa. Aparat Kepolisian dari jajaran Polda Jawa Barat (Jabar) pun akan mulai mempersiapkan pengamanan jalur arus mudik dan arus balik di wilayahnya.

Kapolda Jabar, Irjen Pol Jodie Rooseto, memperkirakan, arus mudik tahun ini di wilayah Jawa Barat kemungkinan tidak akan macet sampai berhenti total. Kemungkinan yang kemacetannya krusial terjadi di wilayah Brebes, Jawa Tengah.

“Mohon maaf kami bukan sombong, kemungkinan Insya Allah hanya padat saja, tidak stuck berhenti,” kata Irjen Pol Jodie di Polres Kota Tasikmalaya, Selasa (17/5/2016).

Brebes timur menjadi rawan kemacetan karena terdapat pintu jalan tol yang terbentang di wilayah Jawa Barat. Kemungkinan, volume kendaraan akan bertumpuk di sana. Sementara itu, arus lalu lintas di wilayah Jawa Barat diperkirakan hanya akan padat saja dan laju arus kendaraan tidak sampai berhenti total.

Namun, dikatakan Irjen Pol Jodie, jalur tengah dan selatan diperkirakan padat saat nanti arus mudik. Kepadatan arus lalu lintas akan ditangani dengan melakukan rekayasa lalu lintas untuk membuat arus lalu lintas tetap lancar.

“Nanti kami atur, bisa dengan cara buka tutup,” ujarnya.

Kalaupun terjadi kemacetan sampai arusnya berhenti, Irjen Pol Jodie, mengatakan, nanti akan ada tim pengurai kemacetan. Ada aparat polisi yang menggunakan motor trail untuk mengurai kemacetan.

Menurutnya, kepadatan arus lalu lintas saat musim arus mudik merupakan risiko alamiah. Hal tersebut merupakan konsekuensi setiap musim mudik. Sebab, jalan padat oleh kendaraan sementara infrastruktur masih terbatas. Tapi mudah-mudahan tidak sampai berhenti total arus kendaraannya.

“Yang pasti petugas kami ada di lapangan untuk berjaga-jaga dan mengurangi kemacetan,”  tegasnya. Cakrawalamedia.co.id (dzm)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *