Jawa Barat

Nilai Jual Produk Animasi Lokal Cimahi Diprediksi Tumbuh di Tahun 2016

112
×

Nilai Jual Produk Animasi Lokal Cimahi Diprediksi Tumbuh di Tahun 2016

Sebarkan artikel ini
Nilai Jual Produk Animasi Lokal Cimahi Diprediksi Tumbuh di Tahun 2016

CIMAHI, (CAMEON) – Nilai transaksi penjualan produk industri animasi kreatif lokal Cimahi diperkirakan meningkat pada tahun 2016 ini. Peningkatan diprediksi mencapai 16% menjadi Rp 14 miliar dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp 12 miliar.

Ketua Cimahi Creative Association (CCA), Rudi Suteja mengatakan, nilai transaksi sebanyak itu belum termasuk penjualan Internet Protocol (IP) yang terjual dengan baik dan iklan-iklan yang dibuat.

“Nggak kebayang kalau Indonesia sudah punya RUU Industri Kreatif yang didalamnya mewajibkan industri televisi nasional untuk membeli produk animasi lokal,” katanya, Senin, 06/06/2016.

Menurut Rudi, pemerintah pusat dan DPR RI tengah menggodok pembuatan RUU Industri Kreatif guna mendukung komunitas penggiat industri kreatif termasuk di dalamnya animasi bisa berkembang dengan
baik.

Dia mencontohkan, bagaimana kemajuan pesat yang dialami India yang saat ini memiliki animator sebanyak 4.000 orang. Padahal pada 2014, jumlah animator di negara tersebut tidak lebih dari 1.000 orang.

“Karena India industrinya mulai berkembang, sekarang ini banyak buyer yang lebih memilih India karena produk yang mereka buat lebih murah,” ujarnya.

Untuk itu, Rudi mendorong pemerintah segera melahirkan UU Industri Kreatif disamping terus berjuang meningkatkan kualitas animator lokal dengan menggelar pelatihan-pelatihan baik yang dibiayai
pemerintah pusat, provinsi dan swasta.

Kegiatan Baros International Animation Festival (BIAF) menjadi salah satu agenda yang diproyeksikan untuk mempertemukan animator lokal dengan buyer dari berbagai penjuru dunia dengan keterlibatan
stakeholder di atas.

Moch Amien, Kasie Promosi dan Kerja sama Badan Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu (BPMPT) Kota Cimahi menyatakan, pada tahun ini pihaknya akan kembali menggelar BIAF pada 17-20 November 2016. Secara konsep, gelaran BIAF tahun ini tidak memiliki banyak perbedaan.Hasil evaluasi gelaran yang sama tahun sebelumnya bagaimana banyak pihak bisa terlibat seperti pemerintah pusat, swasta dan industri televisi. cakrawalamedia.co.id (Fey)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *